Lamongan (ANTARA News) - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meresmikan pelabuhan penyeberangan angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) di wilayah Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin.

Peresmian ditandai dengan penyiraman air ke badan Kapal Motor Penumpang (KMP) Jatra III, milik PT ASDP sebagai tanda beroperasinya pelabuhan yang berada di Desa Tunggul, Kecamatan Paciran.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Wahid Wahyudi, mengatakan dengan diresmikan pelabuhan ini akan menjadi peluang besar bagi wilayah Lamongan, sebab akan meningkatkan perdagangan antar pulau hingga antar negara.

Ia mengatakan, secara bertahap juga akan membuka rute baru dari Paciran-Bawean (Gresik), Paciran-Pulang Pisau (Kalimantan Tengah) serta Paciran-Kendal-Jakarta.

"Untuk rute ke Pulang Pisau akan dibuka pada penghujung tahun ini, atau setidaknya di awal tahun 2014, demikian pula rute ke Kendal-Jakarta sudah dikaji oleh Kemenhub," katanya.

Dikatakannya, keberadaan pelabuhan yang dibangun dengan klasifikasi kelas I dan mempunyai kedalaman mencapai minus 8 meter air pasang terendah atau (LWS), mampu menjadi stimulus sehingga wilayah Lamongan dan sekitarnya akan menjadi pusat aktifitas ekonomi baru di Jatim bagian utara.

"Pelabuhan Paciran ini dapat dibuat bersandar oleh kapal besar yang mempunyai bobot maksimal 8 ribu "Gross Registered Tonnage" (GRT)," katanya

Sementara Wamenhub Bambang Susantono usai meresmikan mengatakan tahun ini pemerintah juga akan menyelesaikan proyek "sabuk selatan" sebagai titik transportasi yang menghubungkan beberapa wilayah di Indonesia.

Ia menjelaskan, pembangunan sabuk selatan adalah bagian dari proyek besar yang menghubungkan seluruh kepulauan di nusantara, dan melalui sabuk timur ke barat serta sabuk selatan akan menjadi kombinasi jalan nasional dan pelabuhan,

"Saat ini masih ada titik di sabuk selatan yang belum terlayani, yakni di Donggo, Maluku Utara ke Pomako, Papua," katanya.

Ia berharap dengan adanya Pelabuhan Paciran, infrastruktur perhubungan yang terbangun akan menjadi pemicu dan pemacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam peresmian itu, selain Wamenhub Bambang Susantono juga hadir Gubernur Jatim Soekarwo bersama Bupati Lamongan, Fadeli.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013