Tim gabungan menemukan 21 orang tersebut diatas Bukkit Barisan, setelah sebelumnya ada kontak dengan meraka, dan tim yang melakukan penyisiran dari arah Kabupaten Solok terlebih dahulu mencapai titi itu,"
Padang (ANTARA News) - Tim gabungan berhasil menemukan rombongan napak tilas ketua DRD Kabupaten Solok, yang hilang sebanyak 21 orang, pada Rabu, setelah sebelumnya 19 lainnya juga berhasil diselamatkan pada Selasa (28/5).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Ade Edward, di Padang, Rabu, mengatakan, 21 orang anggota rombongan yang telah dicari sejak beberapa hari yang lalu oleh tim gabungan, akhirnya Rabu sore berhasil ditemukan, dimana enam diantaranya dalam kondisi sakit.

"Tim gabungan menemukan 21 orang tersebut diatas Bukkit Barisan, setelah sebelumnya ada kontak dengan meraka, dan tim yang melakukan penyisiran dari arah Kabupaten Solok terlebih dahulu mencapai titi itu," kata Ade.

Dia menambahkan, mereka ditemukan tim pencari, yang bergerak menyusuri jalur yang telah dilewati rombongan dari Koto Sani, Kabupaten Solok.

Menurut BPBD Sumbar, selian adanya enam orang diantara 21 rombongan yang mengalami sakit, saat ditemukan 15 lainnya juga dalam kondisi kelelahan dan butuh penambah energi, sehingga untuk malam ini meraka bersama tim yang menemukan tersebut akan terus berda di puncak, untuk memulihkan kondisi, sebelum diturunkan dari Bukit Barisan.

Sebelumnya rombongan ketua DPRD Kabupaten Solok, 38 anggota lainnya melakukan napak tilas dari Solok menuju Padang dilaporkan hilang di kawasan Bukit Barisan Kabupaten Solok, dan seharusnya, rombongan yang berangkat dari Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu (25/5) telah sampai di Padang pada Minggu (26/5).

Setelah melakukan pencarian, dan menerjukan tim gabungan, pada Selasa (28/5) Sebanyak 19 anggota rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok yang sebelumnya dilaporkan hilang di kawasan Bukit Barisan Solok berhasil ditemukan di kawasan Aia Dingin Lubuk Minturun, Kota Padang.

Menurut salah seorang anggota rombongan Mulyadi (40) di Padang, Selasa, ia bersama 18 anggota lainnya sampai di kawasan Aia Dingin Lubuk Minturun sekitar pukul 10.30 WIB dan tiba di posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang pukul 12.00 WIB dalam keadaan selamat.

"19 orang ini berjarak sekitar lima kilometer dari rombongan lain karena lebih dulu berangkat dan sempat bermalam di salah satu bukit yang ada pada minggu malam," kata dia.

Ia mengatakan persediaan logistik telah menipis dan hanya makan nasi serta garam dalam dua hari terakhir.

Begitu tiba di posko pencarian rombongan yang terlihat lemas dan letih langsung diberi perawatan oleh tim medis.(*)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013