Kami sudah berpengalaman menggelar kegiatan multi event nasional dan internasional, jadi sangat siap untuk Asian Games"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menegaskan bahwa provinsi yang dipimpinnya sangat siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Kami sudah berpengalaman menggelar kegiatan multi event nasional dan internasional, jadi sangat siap untuk Asian Games" kata Alex di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, Sumsel sudah punya kompleks olah raga Jakabaring, Palembang, dengan venue-venue berstandar internasional.

"Jika sudah pasti kami menjadi tuan rumah utama Asian Games, tentunya kami akan membangun infrastruktur," katanya.

Dengan waktu persiapan yang cukup, Alex merasa yakin pihaknya bisa menggelar pesta olahraga antarabangsa Asia itu.

Salah satu kelebihan jika Asian Games di Sumsel, adalah sebagian besar venues berada di dalam kompleks Jakabaring Sport City, dan jaraknya rata-rata kurang dari satu kilometer dari perkampungan atlet.

Lahan di kompleks Jakabaring juga masih cukup luas, sehingga nantinya bisa dibangun arena baru di antaranya untuk cabang hoki, handball, serta untuk membangun gedung-gedung baru perkampungan atlet.

"Sewaktu SEA Games 2011, waktu kami sempit tapi akhirnya kami bisa menyelesaikan pembangunan infrastruktur olahraga, apalagi untuk Asian Games tentunya kami akan lebih siap," ujarnya.

Biaya terbesar nantinya adalah pembangunan perkampungan atlet, namun hal tersebut akan dapat diatasi dengan melibatkan pihak ketiga berbasis kerja sama bisnis.

Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 setelah Vietnam mengundurkan diri.

Tiga kota yang kemungkinan menggelar event itu jika Indonesia terpilih di antaranya adalah Palembang (Sumsel), Jakarta dan Bandung (Jawa Barat).

"Jakarta mungkin bisa menggelar beberapa cabang, seperti balap sepeda karena sudah ada velodromenya, atau layar, tapi untuk main host sebaiknya di Palembang karena hampir semua arena sudah ada di sana," kata Alex.

(T004/I007)

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014