Hari ini kami tahan tersangka BW untuk kasus taman hutan kota Ujung Menteng...
Jakarta, 13/10 (Antara) - Kejaksaan Negeri Jakarta Timur menahan Kepala Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Bambang Wisanggeni (BW), tersangka kasus dugaan korupsi proyek taman hutan kota Ujung Menteng.

"Hari ini kami tahan tersangka BW untuk kasus taman hutan kota Ujung Menteng, Cakung Jakarta Timur," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jaktim Silvia Desti Rosalina di Jakarta, Senin.

Silvia menjelaskan BW ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang hingga awal November 2014 karena dikhawatirkan menghilangkan barang bukti terkait kasus korupsi hutan kota Ujung Menteng.

Dari keterangan penyidik, tersangka BW tidak mau menandatangani surat penahanan atas dirinya semenjak pagi dengan alasan sudah kooperatif.

"Sejak pagi BW tidak mau tanda tangan surat penahanannya karena dirinya sudah menganggap kooperatif dengan memenuhi panggilan terakhirnya ini," kata Kepala Seksi Intelejen Kejari Jaktim Asep Sontani.

Hingga saat ini kasus korupsi yang merugikan keuangan negara hingga kira-kira Rp2 miliar lebih tersebut telah menetapkan tiga tersangka yaitu Golfried Junanda (GJ), Bambang Wisanggeni (BW), dan Waluyo Suparno (WS).

Namun untuk WS Kejari belum melakukan penahanan karena yang bersangkutan hari ini tidak hadir dalam proses penyidikan dengan alasan sakit.

"Memang WS belum ditangkap karena tidak hadir dalam pemanggilan keduanya ini sehingga penahanannya tertunda," kata Silvia.

Kasus ini bermula dari proyek pembangunan taman hutan kota Ujung Menteng yang bernilai Rp 10 miliar lebih dan dicurigai terjadi penyelewengan saat pengerjaannya yang tidak sesuai spesifikasi dan penggelembungan dana ketika pembayaran.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014