Banjarmasin (ANTARA News) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin mengungkapkan, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin 2014 dari provinsi tetangga Kalimantan Tengah selain ada yang dinyatakan hilang, dan ada pula yang wafat.

"Kita Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel baru dapat informasi dari petugas kesehatan kloter tujuh Embarkasi Banjarmasin, yakni jamaah haji dari Kalteng ada yang wafat satu orang," ungkapnya di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, jamaah haji asal provinsi tetangga yang dikabarkan baru saja wafat di Mekkah bernama Maslamiah Binti Ismail, kloter tujuh Embarkasi Banjaramsin.

"Dia Tamu Allah wafat di rumah sakit Hera, Mekkah, Arab Saudi. Cuma itu informasi yang kami terima dari petugas haji kloter tujuh Embarkasi Banjarmasin," katanya.

Selain itu, paparnya, jamaah haji kloter 12 Embarkasi Banjarmasin yang juga berasal dari Kalteng yang dikabarkan hilang, yakni Husaini Bin Aban belum ada kabar ditemukan. "Masih dalam proses pencarian," ujarnya.

Ia menambahkan, dari informasi petugas haji di tanah suci Mekkah, Husaini dinyatakan tidak kembali ke pemondokan atau hilang pascapuncak haji di Armina (Arafah, Muzdalifah, Mina).

Untuk saat ini, ujarnya, jamaah haji asal Kalsel dinyatakan telah mulai bergerak ke Kota Madinah untuk melaksanakan ibadah shalat "arbain" atau shalat 40 waktu berjamaah di Mesjid Nabawi, Madinah.

"Kabar yang diterima sementara ini, jamaah haji asal daerah kita dalam keadaan baik. Alhamdulillah," pungkasnya.

Sementara ini jemaah haji asal Kalteng juga melalui Embarkasi Banjarmasin, namun mereka juga ada memiliki semi embarkasi menggunakan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, kemudian ganti pesawat terbang ke Jeddah Arab Suadi.

(T.KR-SHN/B/F003/F003) 18-10-2014 23:38:11

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014