Kami harapkan para pencinta fotografi dapat menuangkan ide dan gagasan sehingga melalui karya-karya yang mereka hasilkan tersebut dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat luas terhadap satwa,"
Bogor (ANTARA News) - Lomba foto satwa yang digagas lembaga konservasi "ex-situ" (di luar habitat alami) Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, bertujuan mempromosikan konservasi satwa bagi masyarakat luas, kata pegiat konservasi Frans Manansang.

"Kami harapkan para pencinta fotografi dapat menuangkan ide dan gagasan sehingga melalui karya-karya yang mereka hasilkan tersebut dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat luas terhadap satwa," katanya di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Didampingi Humas TSI Cisarua Yulius H Suprihardo, ia menambahkan bahwa awalnya kegiatan tersebut merupakan event nasional.

Namun, kata dia, seiring dengan bertambahnya peminat, termasuk dari mancanegara, maka kegiatan tersebut meningkat dan menjadi berskala internasional.

Sementara itu, Yulius H Suprihardo menambahkan pada penjurian yang dilaksanakan Senin (10/11) 2014 di TSI Cisarua, foto orang utan hasil jepretan Santi dan foto beruang coklat milik Muhammad Luthfi Maulana telah memikat hati para juri sehingga ditetapkan menjadi juara pertama untuk kategori umum dan pelajar

Hasil pemenang selengkapnya, juara1 hingga 3 untuk kategori umum masing-masing Santi (The Thinker-How I Can be Survive from the Extinction), Sijanto (Kasih Ibu), I Putu Ratna (Together).

Untuk pemenang harapan masing-masing Winardi (Wildlife), William Susanto (Fierce), Verdhy Govianto (Framing), Hasiholan Siahaan (Bermain bersama ibu), dan Retha Ida Tahir (White Groom).

Sedangkan untuk juara 1- 3 kategori pelajar masing-masing Muhammad Luthfi Maulana (Sudah Waktunya Mandi), Vianca Aurellia (Makan Tokek), Grace Yuliana (Sungkem).

Pemenang harapan adalah Muhammad Rama Reavi (Rangkong, burung endemik Sulawesi), Dede Arip Rachman (Bercengkrama), Rizky Kurniawan (Feed me Sir), Izzal Majdi (Menyambut mentari pagi), Muhammad Reza Arnanda (Berlindung - La Fagmilia).

Frans Manansang menambahkan para juri dalam kompetisi itu, selain dirinya selaku ketua dewan juri, adalah Dudi Sugandhi (Pikiran Rakyat), Ryan Boedi (ID-Photographer), dan Januardo Henry (perwakilan Canon regional Asia).

Tim juri memilih total 16 foto sebagai para pemenang dari kategori umum dan pelajar menyisihkan foto-foto satwa lain yang jumlahnya mencapai 14.000 foto.

Ia menjelaskan kompetisi sudah diselenggarakan selama 24 tahun terakhir, dan merupakan event tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada tanggal 5 Juni serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pada tanggal 5 November.

Penyelenggaraan kompetisi dengan sistem "online: dan pembagian kategori umum dan pelajar pun dipilih untuk mempermudah para pecinta fotografi.

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014