Sukabumi (ANTARA News) - Asyik berfoto selfie dua wisatawa asal Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat tenggelam di Pantai Ujung Genteng tepatnya di Pantai Pasir Putih lokasi konservasi penyu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat..

"Kedua wisatawan diketahui bernama Erwin Gunawan (26) warga Kelapagading, Jakarta Utara dan Kristina K Siregar (26) warga Bekasi, Jabar," kata Ketua Foruk Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri di Sukabumi, Sabtu.

Informasi yang dihimpun dari petugas SAR, kejadian tersebut berawal saat korban asyik berfoto selfie di kawasan konservasi penyu, Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Petugas dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi sudah mengimbau keduanya untuk menjauh dan tidak bermain-main di lokasi karena ombak tengah tinggi

Instruksi dari petugas penjaga pantai tidak diindahkan oleh keduanya, dan ombak tinggi langsung menggulung dan menyeret keduanya hingga ke tengah laut.

Petugas SAR yang tengah berjaga dibantu dengan warga sekitar mencoba menolong keduanya, namun nahas satu wisatawan yakni Erwin tewas saat diangkat ke darat dan rekannya, Kristina selamat namun kritis dan saat ini tengah menjalani perawatan medis dari tim medis RSUD Jampang Kulon.

Menurutnya, di lokasi kejadian musibah sudah dipasang rambu-rambu tanda bahaya dan larangan untuk berenang atau berfoto selfie.

Namun, jumlah wisatawan yang tidak sebanding dengan jumlah pengaman, membuat petugas kewalahan dalam menjaga setiap aktivitas wisatawan.

"Kami terus mengingatkan kepada wisatawan yang berwisata di laut agar tidak berenang atau mandi karena ombak tengah tinggi, penjagaan pun terus kami perketat agar tidak ada kejdian serupa," tambahnya.

Sementara, Kepala Humas dan Infokom Balawista Kabupaten Sukabumi, Dede Sumarna mengatakan di H+1 lebaran ini objek wisata laut mulai Ujunggenteng hingga Pantai Cibangban mulai dipenuhi oleh puluhan ribu wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015