Jakarta (ANTARA News) - Demi menghadapi dominansi toko online yang makin menjadi-jadi, toko buku besar Kinokiniya memastikan sebagian besar pembeli yang ingin mendapatkan buku esai terbaru Haruki Murakami harus mengunjungi tokonya.

Kinokuniya memborong 90.000 kopi dari 100.000 cetakan pertama "Novelist as a vocation" Murakami yang tenar di dunia internasional. Pembelian Kinokuniya menyisakan 5.000 kopi yang tersedia untuk penjual online.

"Kenyataan di industri sekarang adalah meningkatnya kesulitan bagi toko buku fisik untuk membeli cetakan buku terkemuka," kata juru bicara Kinokuniya.

"Untuk menyaingi penjual buku online, toko buku di penjuru negeri harus bergandengan tangan menggalakkan kembali pasar distribusi buku konvensional."

Perusahaan berbasis di Tokyo itu mengatakan akan menjual buku esay dari penulis terkemuka di dunia di seluruh jaringan toko buku di Jepang. Kinokuniya juga akan mendistribusikan buku itu ke toko buku sekitar Jepang lewat wholesaler.

Dalam "Novelist as vocation", Murakami mendiskusikan bagaimana dia memutuskan menjadi novelis dan mengungkapkan rahasia dari kemampuan kreatifnya menulis novel. Buku itu dijadwalkan terbit pada 10 September, demikian Asahi Shimbun.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015