Bandung (ANTARA News) - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi tuan rumah Konferensi "Inovasi TIK untuk Indonesia Cerdas" yang dihadiri sejumlah menteri dan pakar teknologi informasi di Aula Barat ITB pada 15-16 Oktober 2015.

"Forum ini menjadi fasilitator bertemunya para pemangku kepentingan untuk saling bertukar pikiran dalam penelitian, pengembangan, kebijakan maupun penggunaan teknologi informasi," kata Rektor ITB Prof Dr Kadarsah.

Konferensi dibuka Menteri Ristek dan Dikti Muhammad Natsir dan menampilkan sejumlah pemakalah antara lain Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menkominfo Rudiantara, sejumlah ekonom serta sejumlah, wali kota dan lainnya.

Menurut dia TIK telah memberikan perubahan dalam pembangunan dan kualitas hidup manusia, hingga masalah urbanisasi.

Forum dan konferensi itu juga bekerjasama dengan e-Indonesia Initiative Forum dan Smart Indoneia Initiatives (SII).

"Acara e-Indonesia Initiatives Forum ini merupakan yang kesebelas kalinya, dan tajun ini menekankan TIK untuk Indonesia cerdas baik di perkotaan maupun komunitas cerdas, juga dirangkaikan dengan Smart Indonesia Initiatives Forum ke-1," katanya.

Ketua e-Indonesia Initiative Forum Prof Dr Suhono Harso Supangkat mengatakan konferensi itu akan menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan ekosistem Indonesia cerdas.

"Konfereni ini membangun perspektif positif peran teknologi informasi dan komuniktasi dan menjadi kembatan komunikasi para pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan, menerapkan dan menggunakan teknologi, selain itu memfasilitasi sosialisasi program kebijakan TIK nasional," kata Suhono.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015