Pemerintah Aceh perlu memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya anak-anak Aceh untuk melanjutkan studi diberbagai perguruan tinggi luar negeri,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI Prof Bachtiar Aly menyatakan salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia di Aceh dengan memperbanyak kesempatan beasiswa ke luar negeri untuk generasi muda Aceh.

"Pemerintah Aceh perlu memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya anak-anak Aceh untuk melanjutkan studi diberbagai perguruan tinggi luar negeri," katanya di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan yang penting saat ini adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan sumber daya manusia untuk berkiprah di tingkart provinsi dan nasional.

"Artinya, kesempatan harus dibuka seluas-luasnya, soal kembali tidaknya itu tidak terlalu penting," katanya.

Menurut dia, setiap generasi muda yang melanjutkan studi merupakan aset yang dimiliki provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Orang-orang yang hebat di Aceh harus hijrah agar bisa mewarnai berbagai sektor di tingkat nasional," katanya.

Politisi Partai Nasdem tersebut optimistis jika kesempatan diberikan seluas-luasnya, maka Aceh akan memiliki sumber daya manusia yang handal di berbagai sektor.

Sebelumnya, Anggota DPR Asal Aceh tersebut melakukan forum temu wicara dengan berbagai unsur di Kawasan Kabupaten Aceh Besar.

Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut banyak berbicara terkait mekanisme kerja DPR dan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016