Tanjung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tabalog, Kalimantan Selatan mengalokasikan dana sebesar Rp800 juta untuk mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-42 tingkat Kabupaten di Kecamatan Haruai 25 sampai 28 Mei 2016.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong Abu Bakar Siddiq di Tanjung, Kamis mengatakan untuk bonus pemenang MTQ Nasional ke - 42 tingkat Kabupaten Pemerintah Daerah juga menyiapkan dana Rp112 juta.

"Selain mendapat dukungan dana APBD kabupaten, pelaksanaan MTQ Nasional ke-42 tingkat Kabupaten Tabalong rencananya dibantu oleh PT Adaro Indonesia melalui program CSR sebesar Rp100 juta," jelas Abu.

Sebagai persiapan pelaksanaan MTQ Nasional ke-42 tingkat Kabupaten Tabalong, Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) setempat melaksanakan pembinaan dan bimbingan calon dewan hakim/juri agar bisa memberikan penilaian secara obyektif, jujur dan adil.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tabalong Abdul Muthalib Sangadji mengatakan dewan hakim dituntut untuk melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dalam memberikan penilaian, independen dan tidak terpengaruh meski ada tekanan dan intervensi dari manapun.

"Peranan dewan hakim sangat menentukan dalam kesuksesan pelaksanaan MTQ, apalagi kegiatan ini berkaitan langsung dengan syiar Islam," jelas Abdul saat membuka kegiatan pembinaan dan bimbingan calon dewan hakim/juri.

Sebelumnya pelaksanaan MTQ Nasional ke-41 digelar di Kecamatan Muara Harus dan dua juara umumnya mendapatkan hadiah umrah dari Pemerintah Daerah.

Pewarta: Herlina Lasmianti
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016