Pekanbaru (ANTARA News) - Dinas Sosial Provinsi Riau menyatakan banjir yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu terus meluas dari dua desa menjadi empat desa.

"Hingga Sabtu siang pukul 12.00 WIB, bencana banjir di Rokan Hulu meluas dengan lebih dari 1.900 rumah terdampak banjir," kata Kepala Dinas Sosial Riau Syarifudin di Pekanbaru, Sabtu.

Dinas SosialRiau sebelumnya mencatat sebanyak dua desa di Kecamatan Rokan IV Koto di Rokan Hulu terdampak banjir. Kedua desa itu adalah Lubuk Ingu dan Cipang Kanan dengan lebih 1.500 rumah terdampak banjir.

Banjir di kedua desa itu menyebabkan jembatan yang menghubungkan antara ibukota kecamatan ke empat desa di Rokan IV Koto roboh hingga keempat desa menjadi terisolir.

Pemerintah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu telah mengirimkan kapal cepat dan sembako untuk mengatasi robohnya jembatan tersebut.

Sementara itu, hingga Sabtu siang tadi, Dinsos Riau kembali mencatat titik banjir di Desa Muara Nikum dan Surau Munai, Kecamatan Rambah Hilir.

"Sebanyak 400 rumah terendam banjir. Belum dipastikan berapa jiwa yang terdampak di sana," ujar Syarifudin.

Kepala BPBD Rokan Hulu Aceng Hardiana mengatakan banjir merupakan kiriman dari wilayah Sumatera Utara.

"Banjir kiriman dari Sumut menyebabkan Sungai Batang Lubuh, Kecamatan Rambah Hilir meluap," jelas Aceng.

Meski begitu, ia mengatakan banjir belum mengganggu aktivitas warga karena baru menggenangi pekarangan rumah. "Transportasi masih lancar, masih aman," tuturnya memastikan.

Dinsos Riau sebelumnya menyatakan sebanyak lima kabupaten di wilayah itu terendam banjir. Sebanyak 2.469 terdampak banjir.

Syarifudin menjabarkan di Pelalawan, banjir terjadi di dua desa di Kecamatan Ukui yakni Desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam.

Selanjutnya di Kampar, banjir terjadi di Kecamatan Gunung Sahilan dan XIII Koto Kampar. Sebanyak lima desa di Kecamatan Gunung Sahilan dilanda banjir sejak tiga hari terakhir. Sementara di XIII Koto Kampar, banjir terjadi di Desa Koto Tuo. Dilaporkan 200 jiwa di desa itu terdampak banjir.

Di Kuantan Singingi, banjir dilaporkan terjadi di tiga kecamatan berbeda. Diantaranya adalah Kecamatan Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Hulu Kuantan. Dilaporkan banjir menggenangi 325 rumah yang berdampak pada 1.300 jiwa.

Sementara itu, di Indragiri Hulu banjir dilaporkan terjadi di Desa Semelinang Darat, Kecamatan Indragiri Hulu dan Desa Lubuk Batu Jaya Kecamatan Peranap. Secara keseluruhan banjir merendam 128 rumah dengan 531 jiwa terdampak banjir.

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017