Ini adalah fosil manusia paling tua yang ditemukan di Wilayah Portugal dan salah yang paling tua di Eropa
Lisabon (ANTARA News) - Satu tim arkeolog internasional telah menemukan fosil manusia paling tua yang pernah ditemukan di Portugal, tengkorak yang diduga berusia 400.000 tahun, kata Kantor Berita Portugal Musa pada Senin (13/3).

Tim arkeolog tersebut, yang dipimpin oleh Joao Zilhao --warga negara Portugal-- menemukan tengkorak itu di satu gua di Aroeira, Torres Novas, di Portugal Tengah, dan menyajikan temuan mereka pada Senin dalam satu studi yang disiarkan di dalam buletin US National Academy of Sciences, terbitan pekan ini.

"Ini adalah fosil manusia paling tua yang ditemukan di Wilayah Portugal dan salah yang paling tua di Eropa," kata Joao Zilhao, sebagaimana dikutip Xinhua, Selasa siang.

Fosil manusia tak pernah di temukan dari Periode Pleistocene (Jaman Es), yang mencakup masa dari 2,5 juta tahun lalu sampai 11.500 tahun lalu, di belahan barat Eropa itu.

Tim arkeolog itu menyatakan yang menarik dari fosil tersebut ialah masa fosil itu dapat diketahui dengan baik dan menjadi standard rujukan bagi penafsiran fosil lain yang lebih rumit tapi tidak dapat diketahui masanya.

Penggalian di gua tersebut, tempat tengkorak itu ditemukan, akan dilanjutkan sebab para arkolog tersebut berharap bisa menemukan fosil tengkorak lain atau bahkan bagian tengkorak yang hilang.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017