Jakarta (ANTARA News) - Pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melakukan demonstrasi di depan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menyerukan penangguhan penahanan Ahok.

"Kami minta pengajuan penangguhan tahanan kota dikabulkan setelah ditahan sejak divonis dua tahun," ujar Ketua Bara Badja Soelianto Rusli ditemui dalam aksi di Jakarta, Rabu.

Sejak siang hingga sore, tampak hanya ratusan massa berpakaian kotak-kotak yang ada di depan Pengadilan tinggi DKI Jakarta. Ia mengatakan massa akan terus berdatangan.

Menurut Soelianto, pendukung Ahok menghormati proses hukum yang berjalan hingga Ahok mengajukan banding.

"Kami hanya minta penangguhan penahanan, Ahok itu kan tulang punggung keluarga. Kalau proses hukum biarkan saja," kata dia.

Soelianto mengaku telah diminta untuk menemui pihak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, tetapi menolak masuk karena menunggu semua massa berkumpul dulu.

"Dari tadi sudah disuruh masuk, kalau masuk untuk penandatangan penangguhan, tetapi kami menunggu semua datang dulu," tutur dia.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengajukan diri sebagai jaminan bagi Ahok sehingga dapat ditangguhkan penahanannya.

Djarot mengungkapkan surat permohonan pengajuan penangguhan tahanan kota Ahok itu sudah selesai dibuat dan akan segera diajukan ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

(Baca: Djarot ajukan diri jamin penangguhan penahanan Ahok)

(Baca juga: Sastrawan Goenawan Mohamad mau jadi penjamin Ahok)

Pewarta: Dyah Dwi A
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017