Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil bekas selalu meningkat menjelang hari raya karena sebagian masyarakat ingin menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung.

Kami mengumpulkan beberapa pertanyaan dari pembaca mengenai tips membeli mobil bekas. Berikut jawaban dari Suparman, Kepala Bengkel Auto 2000 Yos Sudarso. 

1. Bagaimana kriteria mesin mobil bekas yang baik?

a.Periksa pencapaian Kilo Meter pada meter dasbordnya kemudian lihat juga tahun dan bulan pembelian mobilnya , kemudian asumsi rata rata kalau tinggal di Jabotabek setiap hari  mobil berjalan (100 KM) langsung bisa menaksir yang tertera di meternya masih asli atau sudah diubah .

b.Kalau mendapat informasi rajin service di bengkel resmi malah lebih mudah mendapat data KM terakhirnya.

c.Kalau ada gantungan penggantian oli mesin coba perksa KM terakhir penggantian oli mesinnya.

d.Baru kita dapat memeriksa bagian bagian mesinnya yaitu :
-  Periksa ruang mesinnya bagian atas dan bawah  dalam kondisi bersih atau banyak debu & kebocoran oli;
-  Periksa jumlah oli mesin dan kwalitas oli mesinnya dengan merasakan kelengketan dan baunya;
-  Kemudian mesinnya di hidupkan dengarkan saat hidup pertama apakah ada suara suara yang Abnormal (Idling);
-  Naikkan rpm sampai 3.000 kemudian dengarkan kembali apakah ada suara yang Abnormal;
-  Gas mesin dengan tiba tiba sampai 5.000 rpm sesaat dan lepas kembali ke posisi Idle periksa pada gas buang knalpot apakah ada warna putih atau bersih gas buangnya , dengarkan juga bunyi pada mesinnya. Kalau gas buang berwarna putih dan ada bunyi Abnormal pada mesin indikasi sudah terjadi keausan atau kebocoran oli mesinnya (mesin kurang baik kondisinya).

e.Coba test jalan dan rasakan apakah mesin ada bunyi bunyi yang abnormal (ngelitik) berarti ruang bakarnya sudah kotor banyak kerak perlu tambahan biaya perawatan mesin .

 Tenaga mesin terasa berat. Saat test jalan ini juga bisa di rasakan masuk gigi perpindahannya mudah atau sulit masuk ( 1,2,3,4-5 / R ) Manual atau Matic.

Bila hal hal diatas tidak di temukan kemungkinan besar kondisi mesin masih baik.

2. Apa ciri-ciri mesin mobil yang pernah terendam banjir?
Kalau untuk mesin secara Visual dari luarnya bisa dilihat apakah ada bekas karat karat lumpur.
Pada bagian selah selah yang susah di bersihkan di mesinnya ( butuh ketrampilan kusus) apalagi mesin sudahdi lakukan perawatan salon dan biasanya penjual tidak mengijinkan untuk di buka buka bagian mesinnya. Yang mudah di cari malah di bagian dalam mobil dengan merasakan baunya.

3. Tabrakan seperti apa yang mempengaruhi kualitas mesin?

Paling utama adalah apabila terjadi tabrakan dan benturan pada bagian mesinnya, bisa dari bawah dan bagian depan.

a. Bagian bawah biasanya terjadi saat nubruk trotoar pembatas jalan atau beton bus way mesinnya bisa pecah

b. Bagian depan jenis tabrakan yang cukup keras sampai dapat menggeser posisi mesinnya ke arah belakang sehingga mesin berikut transmisinya ke dorong ke belakang sampai pecah karet mountingnya .

4. Saat melakukan test drive mobil bekas, apa saja yang harus diperhatikan?
a. Jangan menyalakan audio ( tape , cd , mp3 ) dll saat test drive , karena kita akan merasakan kondisi mobil.

b. Rasakan saat mulai jalan dari 0 - 50 km/jam apakah ada hal hal atau suara suara yang tidak normal.

c. Rasakan saat kecepatan 50 - 120 km / jam biasanya akan terdengar suara ( ban , bearing roda , gardan , transmisi ) apabila kondisinya kurang bagus akan timbul bunyi.

d. Saat kecepatan 120 km/jam di Tol rasakan juga apakah mobil dalam kondisi limbung atau mengayun ayun dengan keras , bila terasa maka tambahan biaya perbaikan Shock Absorber atau ban.

 e. Pilih kondisi jalan yang berfariasi antara aspal,beton, con block dan jalan yang berlubang sambil dengarkan apakah ada bunyi bunyi pada bagian bawahnya untuk memastikan bagian kaki kakinya dalam kondisi baik.

5. Bagaimana cara membedakan komponen mesin asli dan palsu?
Kalau part sudah terpasang agak sulit membedakan bagi orang awam karena sudah semakin maju cara menirunya yang membedakan biasanya Harga dan life time saat digunakan umurnya pendek. Yang dapat di pastikan beli Part yang original di dealer resmi Auto2000 Toyota ada garansi ke asliannya .

6. Apa saja yang harus dilakukan konsumen setelah membeli mobil bekas?
Sebaiknya sebelum membeli mobil bekas, tanyakan apakah ada riwayat servicenya? dimana akan lebih mudah kalau mobil bekas yang di beli rajin di rawat di bengkel resmi.
Seperti di Auto2000 contohnya, kendaraan Toyota yang diservis di Auto2000 pasti tercatat riwayat servisnya.
Sistemnya pun sudah online, maksudnya online adalah semua cabang dan bengkelnya (dari cabang satu ke cabang lain) sistem dan datanya sudah terintegrasi dan terhubung.

Nah kalau tidak ada riwayat servis, pelanggan bisa mulai dengan pencatatan service yang baru.
Untuk kendaraan Toyota, anda dapat datang ke Auto2000 untuk melakukan perbaikan berkala KM yang terdekat dengan mengganti oli komplit (Mesin, Transmisi, Garda) dari sini pelanggan mulai mencatat riwayat service kendaraan yang akan di gunakan harian. Jadi mudah untuk di ingat akan service berikutnya kapan waktunya.

Jika anda memiliki catatan servis, anda memiliki nilai lebih saat mau menjual kembali kendaraan anda. Harga pun bisa lebih baik. 

9. Saran dan tips lainnya untuk membeli mobil bekas?
a. Pastikan surat surat BPKB & STNK Asli sesuai antara nomer mesin dan chasisnya;

b. Cari mobil bekas yang jelas asal usul history perbaikannya;

c. Cari mobil bekas yang mulus atau asli body nya tidak bekas tubrukan,kebanjiran,atau karatan karena biaya perbaikan body lebih mahal di bandingkan dengan komponen mobil lainnya;

d. Cari tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya ( Autotrust atau mobil 88 ) ini punya dealer resmi;

e. Cari referensi teman,saudara yang sumbernya jelas;

f. selamat berburu mobil bekas dengan kualitas terbaik .

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017