Sidoarjo (ANTARA News) - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) akan menutup sejumlah jalur tol fungsional yang beberapa hari terakhir digunakan sebagai jalur mudik dan balik Lebaran 2017.

"Kalau sesuai dengan rencana semula tol fungsional digunakan sampai dengan H plus 10. Artinya, Rabu (5/7) besok sudah ditutup dan akan diselesaikan pengerjaannya lagi," katanya Kepala BBPJN VIII, I Ketut Dharnawahana saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa.

Ia mengemukakan, selama pelaksanaan arus balik dan mudik Lebaran 2017 ada sejumlah ruas jalan tol yang difungsikan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

"Karena untuk mengoperasikan jalan tol itu terdapat aturan yang jelas salah satunya adalah uji kelayakan yang dilakukan oleh sejumlah pihak. Termasuk juga kelengkapan rambu-rambu lalu lintas," ujarnya.

Ia mengatakan, sampai dengan akhir tahun 2018 pihaknya akan mengebut pengerjaan jalan tol yang tersisa yakni mulai dari Kertosono sampai dengan Wilangan Madiun.

"Kami berharap pada saat pelaksanaan Lebaran tahun depan sudah bisa dioperasionalkan supaya bisa membantu kelancaran lalu lintas," ujarnya.

Ia mengatakan, selama pelaksanaan Lebaran ini relatif berjalan dengan lancar meskipun ada laporan penambalan jalan rusak yang kurang bagus.

"Itu merupakan hal yang wajar, karena kondisi jalan tersebut sesuai dengan yang sudah ada sekarang ini. Tetapi secara umum berjalan dengan lancar," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi kepada tim yang selama ini bertugas di Posko yang disiagakan oleh BBPJN VIII untuk membantu kelancaran arus balik dan mudik Lebaran.

"Kami mengapresiasi karena tim tersebut berjaga selama 24 jam dengan bergantian sift untuk membantu kalau ada kerusakan jalan supaya cepat dilakukan perbaikan," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017