Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet, mengaku kagum dengan keindahan danau vulkanik, Danau Toba, yang berada di Sumatera Utara.

"Akhir Agustus lalu, saya dan dua anak saya menghabiskan liburan di Danau Toba. Saya kagum dengan keindahan alam dan masyarakatnya yang penuh dengan toleransi," ujar Berthonnet dalam acara penyerahan buku karya Hasiholan Siahaan XIV, Danau Toba dan Mangongkal Holi Untold Story, di Jakarta, Jumat.

Dia melihat potensi besar pariwisata Danau Toba. Selain itu, ia juga melihat pemberdayaan masyarakat yang berjalan baik. "Saya yakin semua itu tercermin dalam buku ini," katanya.

Apalagi dengan ada bandara baru, yakni Bandara Silangit, yang mempermudah wisawatan yang berkunjung ke Danau Toba. "Dengan Danau Toba, maka tujuan wisata, wisatawan Prancis tidak hanya Bali saja. Ada pilihan lain," katanya.

Dia menjelaskan, jumlah wisatawan asal Prancis ke Indonesia cukup banyak, mencapai 250.000 jiwa setahun. Namun hingga saat ini, tak ada penerbangan langsung dari Paris ke Jakarta.

"Kami punya keinginan besar, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Prancis," jelas dia.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Bidang Pemberdayaan, Conrad Hendarto, mengatakan, buku itu dapat menjadi promosi bagi desa wisata yang ada di Indonesia.

Pewarta: Indriani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017