...langsung mempromosikan ke pelaku pariwisata maupun tempat-tempat yang menjadi tujuan wisatawan, dengan harapan wisatawan yang sedang menikmati liburan di Pulau Dewata dapat menyaksikan kegiatan Festival Nusa Penida itu
Nusa Penida (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali kembali menggelar Festival Nusa Penida IV untuk mempromosikan potensi pariwisata di pulau yang terpisah dengan daratan Bali yang akan berlangsung selama empat hari, 6-9 Desember 2017.

"Kegiatan tersebut tertunda dari rencana semula 5-8 Oktober 2017, akibat meningkatnya status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, sehingga Klungkung sebagai daerah tetangga terdekat sibuk penerima pengungsi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung I Nengah Sukasta, Sabtu.

Ia mengatakan, Dinas Pariwisata segera melakukan persiapan dengan melibatkan berbagai pihak dan masyarakat di Nusa Penida, dengan harapan kegiatan promosi yang digelar secara berkesinambungan setiap tahun itu dapat terlaksana dengan baik.

"Begitu persiapan rampung langsung mempromosikan ke pelaku pariwisata maupun tempat-tempat yang menjadi tujuan wisatawan, dengan harapan wisatawan yang sedang menikmati liburan di Pulau Dewata dapat menyaksikan kegiatan Festival Nusa Penida itu," ujar I Nengah Sukasta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menekankan, pelaksanaan Festival Nusa Penida dapat terlaksana dengan baik sesuai potensi yang ada sekarang. Berbagai kegiatan dikemas lebih dominan pementasan seni dan budaya masyarakat Klungkung, terutama Nusa Penida.

Dalam kegiatan kali ini lebih memperkenalkan potensi kearifan lokal menyangkut kuliner, bidang seni dan budaya, sama sekali tidak melibatkan artis dari Ibu Kota seperti tahun-tahun sebelumnya agar tidak terkesan pesta.

Festival Nusa Penida akan dilaksanakan di Desa Jungutbatu dengan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya merangkul masyarakat Nusa Penida termasuk para nelayan. 

Pewarta: Dewa Sentana dan Gembong Ismadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017