Jakarta (ANTARA News) - Facebook mengumumkan fitur baru yang mereka siapkan untuk mencegah pelecehan di platform media sosal mereka, setelah mendapatkan saran dari pengguna maupun organisasi.

“Kami telah melarang perundungan dan pelecehan di Facebook, dan orang bisa memberitahu kami ketika mereka melihat sesuatu yang mengkhawatirkan atau mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan. Kami meninjau laporan dan mengambil tindakan atas pelecehan yang terjadi, seperti menghapus konten, menonaktifkan akun, dan membatasi fitur tertentu seperti fitur komen bagi orang yang telah melanggar Standar Komunitas kami,” kata Kepala Keamanan Global Facebook, Antigone Davis, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Rabu.

Dengan fitur baru, pengguna bisa mengatur apa yang mereka bagikan dan kepada siapa mereka menjalin komunikasi. Berikut ini adalah fitur-fitur baru yang mereka sediakan.

1. Mencegah kontak yang tidak diinginkan

Pengguna dapat memblokir akun seseorang, namun masih ada kemungkinan bertemu jika orang tersebut menggunakan akun yang berbeda. Facebook mengembangkan perangkat yang membantu mereka untuk mengidentifikasi akun palsu lebih cepat.

Facebook menggunakan sinyal, misalnya alamat IP, untuk mengenali sebuah akun dan mencegah akun tersebut mengirim pesan atau permintaan pertemanan kepada pengguna yang telah memblokir akun asli.

2. Mengabaikan pesan

Pengguna bisa mengabaikan pesan dari akun yang tidak diinginkan dengan mengklik fitur mengabaikan pesa, secara otomatis notifikasi pesan akan mati dan percakapan akan pindah dari kotak masuk ke folder Filtered Messages.

Fitur ini tersedia untuk percakapan perorangan dan akan diaplikasikan juga ke percakapan dalam grup.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017