Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri yang saat ini menjabat sebagai ketua umum PDI Perjuangan genap berusia 71 tahun pada Selasa.

PDI Perjuangan merayakannya dengan menggelar Teater Kebangsaan dengan lakon "Satyam Eva Jayate" di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. , Selasa.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan "Satyam Eva Jayate" adalah semboyan dalam bahasa Sanskerta yang artinya "hanya kebenaran yang berjaya".

Lakon yang ditampilkan oleh Teater Kebangsaan pimpinan Butet Kertaradjasa, menurut Hasto, sesuai dengan keyakinan Megawati Soekarnoputri dalam menjalani kehidupan, termasuk saat memimpin negara, dan partai.

"Bahwa hanya kebenaran yang akhirnya akan berjaya," kata Hasto dalam siaran pers.

Hasto menjelaskan perjalanan politik Megawati telah membuktikan bahwa politik berkeadaban dan tidak menghalalkan segala cara lah yang akan menang. "Tanpa keyakinan dan keteguhan politik Ibu Megawati, PDI Perjuangan tidak akan seperti sekarang ini," katanya.

Perayaan ulang tahun ke-71 Megawati Soekarnoputri, menurut dia, juga meliputi pameran kiprah dan perjalanan Megawati di bidang kemanusiaan, kebudayaan, dan lingkungan.

Peringatan ulang tahun Megawati kali ini, dia melanjutkan, bernuansa hijau dengan hiasan berbagai tanaman. "Ini bermakna bahwa Ibu Megawati sangat konsen dengan lingkungan hidup. Bahwa kita sebagai bagian dari umat manusia harus ikut menjaga Bumi sebagai rumah bersama agar tetap hijau," katanya.



Pewarta: Riza Harahap
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018