Jambi (ANTARA News) - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menggelar refleksi dua tahun kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar di auditorium rumah dinas gubernur Jambi, Rabu.

Zola mengatakan refleksi kepemimpinan dilaksanakan sehubungan dengan dua tahun pelaksanaan visi yang diusungnya bersama wakil, yakni Jambi TUNTAS 2016-2021. Visi itu meliputi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera yang memfokuskan pada enam misi pembangunan.

Dalam paparannya Zola mengatakan tahun 2017 merupakan tahun kedua pelaksanaan Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2016-2021.

Zola juga memaparkan pembangunan di bidang infrastruktur, ekonomi, kesehatan, pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia.

"Saya menyadari bahwa ditengah keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan selama dua tahun ini yaitu pada tahun 2016 dan tahun 2017 tersebut, belum dapat memuaskan semua pihak, khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Zola.

Sedangkan enam misi pembangunan yang ditargetkan dirinya bersama wakil yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender serta menjaga situasi daerah yang kondusif, toleransi antarumat beragama dan kesadaran hukum masyarakat.

Kemudian misi lainnya yakni meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan, meningkatkan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur umum, pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

"Atas nama gubernur dan wakil gubernur Jambi, saya sampaikan permohonan maaf karena belum dapat memuaskan semua pihak. Insya Allah ke depan dengan kerjasama dan kebulatan tekad kita semua, mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan dapat terwujud," ujarnya.

Dalam refleksi dua tahun kepemimpinan Zola-Fachrori itu juga ada sesi tanya jawab yang menghadirkan beberapa narasumber. Yakni Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi dan Kepala Bappeda Provinsi.


Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018