Solo (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi Kota Solo, Minggu, melakukan mensosialisasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziah kepada para pedagang di Pasar Gede.

Sandiaga Uno di Pasar Gede Solo tidak didampingi pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah, dia langsung bertatap muda dengan para pedagang sembako dan sempat mencicipi minuman tradisional dawit telasih milik pedagang bu Dermi.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dirinya akan bertemu dengan pak Sudirman Said untuk mengusulkan beberapa programnya agar dapat diadopsi di Jawa Tengah antara lain Program "Ok Oc Ayo Ubah" kepada para pedagang di Solo. Namun, pak Sudirman secara mendadak tidak bisa hadir di Solo karena akan acara lain.

Menurut Sandiaga program Ok Oc ayo ubah tersebut dapat dikembangkan di Jateng yakni bagaimana mengubah masyarakat terutama para usaha kecil menjadi menengah, dan lebih besar lagi usahanya.

"Kami berharap program ok oc Ayo Ubah dapat diluncurkan di Solo untuk masyarakat UKM," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan pihaknya mengunjungi di pasar bertemu para pedagang untuk mendengarkan apa yang dikeluhkan mereka. Pedagang mengatakan selama ini, pemsarannya agar sulit sehingga omzetnya menurun. Program Ok Oc Ayo Ubah nanti dapat mengubah masyarakat usaha kecil menjadi meningkat.

Selain itu, Sandiaga juga megenalkan program penyediaan rumah tanpa uan muka (DP) ataus Rp0. Program ini, sudah dibicarakan bersama tim paslon nomor urut 2 Sudirman Said dan Ida Fauziyah.

"Kami berharap usaha es dawet telasih Bu Dermi ini, bisa berkembang sehingga dapat mengangkat potensi usaha kecil menengah (UKM)," kata Sandiaga yang didampingi Sekjen DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sriyanto Saputro.

Baca juga: Sudirman-Ida luncurkan 22 janji kerja

Baca juga: Silaturahmi dan tabayyun, cara cawagub Jateng Taj Yasin lawan hoax


Sandiaga Uno selain mengunjungi Pasar Gede, juga bersafari di Pasar Klewer Solo. Wagub DKI itu, bertatap muda dengan pedagang kain dan batik dan masyarakat di sekitar Pasar Klewer yang memiliki omzet miliaran rupiah per hari.

Sandiaga Uno juga mengunjungi pedagang serabi Notosuman UKM milik H. Oemar di Jalan Gatot Subroto No.125 Solo. Wagub DKI itu, sempat mencicipi dan belajar cara membuat serabi.
 
Dokumentasi--Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said (kedua kanan) berbincang dengan pedagang dan pembeli saat kampanye di Pasar Pagi Tegal, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2018). Kampanye tersebut untuk menyerap aspirasi dan mengetahui keluhan pedagang di pasar. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018