Tidak seperti pria yang melakukan SNS untuk tujuan hiburan, wanita lebih berkonsentrasi pada jejaring sosial online. Wanita cenderung mengunggah lebih banyak foto dan memperbarui profil mereka lebih sering."
Jakarta (ANTARA News) - Wanita muda di Korea Selatan cenderung lebih menderita kelelahan akibat bermedia sosial daripada pria di sana, menurut sebuah tesis. 

Penelitian yang dilakukan Dr. Lee Eun-ji dari Korea University di Seoul itu menunjukkan kelelahan ini karena kaum hawa lebih keras menjaga dan mengelola akun media sosial mereka. 

Dalam penelitian itu sekitar 177 pengguna SNS terlibat. 89 diantaranya adalah wanita, dengan usia rata-rata 34,15 tahun. 

Dari para wanita yang disurvei, ketika ditanya apakah mereka bersedia untuk keluar dari layanan jejaring sosial (SNS), mereka memberikan skor 4,09, lebih tinggi dari 3,72 di antara pria.

"Tidak seperti pria yang melakukan SNS untuk tujuan hiburan, wanita lebih berkonsentrasi pada jejaring sosial online. Wanita cenderung mengunggah lebih banyak foto dan memperbarui profil mereka lebih sering," kata Eun-ji. 

"Tidak hanya beban untuk mengelola (SNS) tetapi juga beban dari bagaimana wanita menggunakan media sosial, yang dapat berdampak negatif terhadap penggunaan SNS mereka yang berkelanjutan," imbuh dia. 

Berdasarkan usia, orang-orang berusia 20-an memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk berhenti dari SNS (4,23) dibandingkan dengan mereka yang berusia 30-an (3,85) dan 40-an (3,64). Demikian seperti dilansir Kantor Berita Yonhap.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018