Manado (ANTARA News) - Hari pertama UNBK di dua SMP Negeri di Manado mengalami ganggua karena server pusat terganggu yang akibatnya  waktu bergeser.

"Ujian sesi pertama yang seharusnya dimulai pukul 07.30 WITA, terpaksa dimulai pukul 10.00 WITA karena adanya gangguan server dari pusat," kata Kepala SMP Negeri II Manado Steven Tumiwa, Senin.

Dia menjelaskan, ketika ujian sesi pertama baru dimulai ada tiga ruangan yang terganggu dan harus menunggu sampai pukul 10.00 WITA, dan langsung menghubungi "help desk" dinas pendidikan yang segera datang memperbaikinya.

Sampai pukul 10.00 WITA, kata Tumiwa, baru satu ruangan yang bisa mulai mengerjakan soal, sedangkan sisanya harus menunggu karena masih dalam gangguan.

Peserta UNBK di sekolah ini sebanyak 350 siswa, masing-masing 317 peserta reguler dan 33 orang terbuka.

Plh Kepala SMP Negeri VI Manado, Suzana Thomas, juga mengakui sempat ada gangguan jaringan di tempat pelaksanaan ujian di SMK Negeri II Manado, namun tidak lama.

"Siswa tidak terlalu lama menunggu dan jaringan bisa diperbaiki, sehingga ujian bisa disambung kembali pelaksanaannya," kata dia.

Secara umum dia mengatakan, pelaksanaan UNBK SMP Negeri VI berjalan lancar dan berharap dapat terus berlanjut sampai hari terakhir.

Baca juga: Di Temanggung UNBK SMP mundur 30 menit karena jaringan

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018