Yang dimiliki saat ini hanya tokoh agama yang mengerti tentang agama. Namun, untuk ulama, belum ada setelah meninggalnya Ustaz H. Ahmad A.B.,"
Putussibau, Kalbar (ANTARA News) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu Kusyairi mengatakan hingga Selasa, pihaknya belum menerima daftar mubalig yang telah dirilis oleh Kementerian Agama.

"Kementerian Agama Kapuas Hulu masih menunggu edaran dari provinsi dan pusat," kata Kusyairi ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Menurut dia, khusus untuk di Kapuas Hulu saat ini krisis ulama sehingga menjadi tugas ke depan untuk mencetak calon-calon ulama sesuai dengan kriteria.

Sejak meninggalnya Ustaz H. Ahmad A.B. sekitar 2 tahun lalu, kata Kusyairi, sampai saat ini belum ada ulama penganti beliau.

"Yang dimiliki saat ini hanya tokoh agama yang mengerti tentang agama. Namun, untuk ulama, belum ada setelah meninggalnya Ustaz H. Ahmad A.B.," katanya yang didampingi tiga orang stafnya.

Ia berharap tokoh agama yang ada di Kapuas Hulu dapat lebih fokus pada keimanan dan ketakwaan serta pembinaan kepada umatnya.

Bahkan, kata Kusyairi, pihaknya juga sudah sering kali mengimbau para tokoh agama ataupun pemimpin umat memberikan ceramah atau khotbah yang menyejukan.

"Kementerian Agama Kapuas Hulu terus berupaya melakukan pembinaan melalui keagamaan agar selalu terciptanya keharmonisan dan kerukunan antarumat beragama," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018