Musim kemarau ini rawan terjadi kebakaran, maka dari itu perlu diantisipasi seperti tidak melakukan aktivitas yang berpotensi terjadinya bencana
Sukabumi  (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menelusuri penyebab kebakaran di areal pegunungan yakni Gunung Sunda dan Karangpara.

"Walaupun belum ada laporan resmi yang masuk kepada kami, tapi akan ditelusuri penyebab kejadiannya," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman di Sukabumi, Senin.

Informasi yang dihimpun, dua gunung yang menjadi salah satu objek andalan wisata alam Sukabumi, yakni Gunung Sunda yang berada di Kecamatan Cisaat dan Gunung Karangpara di Kecamatan Cikembar dilanda kebakaran.

Walaupun belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran kedua gunung itu, tetapi warga internet (warganet) sempat ramai berkomentar terkait penyebab kebakaran Karangpara tersebut yang diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Untuk mencari tahu penyebab kebakaran itu, BPBD pun sudah menurunkan petugasnya untuk melakukan penelusuran dan setelah ada hasilnya maka akan segera dilaporkan.

"Musim kemarau ini rawan terjadi kebakaran, maka dari itu perlu diantisipasi seperti tidak melakukan aktivitas yang berpotensi terjadinya bencana ini," tambahnya.

Eka mengimbau kepada siapapun, khususnya wisatawan yang datang ke objek wisata pegunungan agar tidak membuang sampah apalagi puntung rokok sembarangan. Karena musim kemarau ini rumput menjadi kering sehingga berpotensi terjadinya kebakaran jika ada percikan api. 

Baca juga: Antisipasi kebakaran di Gunung Merbabu, petugas lakukan patroli

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018