Ribuan mahasiswa ikut magang bersertifikat di BUMN

Ribuan mahasiswa  ikut magang bersertifikat di BUMN

Direktur SDM dan Umum Jasa Marga, Kushartanto Koeswiranto sedang berdialog dengan salah satu peserta, Program Magang Bersertifikat di Jasa Marga Learning Institute (JMLI), Jakarta, Jumat (24/8). (Dokumentasi Humas Jasa Marga Tbk)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 2.732 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan mengikuti magang bersertifikat di 118 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama enam bulan ke depan guna mendukung program peningkatan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.
 
"Program Magang Bersertifikat ini digagas Kementerian BUMN dan merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun ini," kata Direktur SDM dan Umum Jasa Marga, Kushartanto Koeswiranto dalam keterangan resmi, usai menghadiri Kick Off Program Magang Bersertifikat di Jasa Marga Learning Institute (JMLI), Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, khusus untuk di Jasa Marga, menerima 50 mahasiswa/i magang dari berbagai perguruan tinggi antara lain Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Telkom, UIN Syarif Hidayatullah serta Universitas Islam “45” Bekasi.

"Kami sangat mendukung program ini dan diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul, berdaya saing, dan siap membangun bangsa serta negara dalam menghadapi persaingan global," katanya.

Baca juga: Kementerian BUMN-Vokasi UI buka program magang bersertifikat

Kushartanto menyebutkan, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN, sekaligus bisa membantu mereka untuk belajar dan memahami dunia kerja nantinya serta menjadi ajang transfer pengetahuan dari para praktisi kepada mahasiswa calon-calon tenaga kerja profesional. 

Para peserta ini program ini terpilih setelah melalui serangkaian uji seleksi antara lain seleksi kesediaan, domisili dan jurusan. 

Selain mendapat wawasan luas tentang dunia kerja, mereka juga menerima sertifikat berskala nasional dan uang saku. Mereka akan menjalani program selama enam bulan, terhitung sejak September 2018. 

Salah satu perwakilan dosen pembimbing dari Universitas Negeri Jakarta, Prasetyo, menyambut positif program magang bersertifikasi ini. "Selama ini baru mengenal Jasa Marga, dengan program magang ini, semakin lebih jelas. Yang menarik, program ini bersertifikasi sehingga sangat bermanfaat," katanya. 

Program Magang Bersertifikat merupakan salah satu rincian kegiatan BUMN Hadir di Kampus yang juga menjadi bagian Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) Tahun 2018. 

Dalam pelaksanaannya, program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan forum sinergi bagi praktisi "human capital management" di lingkungan BUMN dan berkomitmen meningkatkan daya saing SDM Indonesia. 

Kick Off Program Magang Bersertifikat yang diadakan di JMLI ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat oleh Kementerian BUMN di Auditorium Plaza Bank Mandiri pada Minggu, 20 Mei 2018.

Baca juga: 10 BUMN bersama UI jalankan program magang bersertifikat
Pewarta : Edy Sujatmiko
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018