Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden Dewan Perempuan Internasional (ICW) Jung Sook Kim berharap acara Sidang Umum ICW ke-35 dan Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia dapat memperkuat solidaritas sesama kaum hawa di dunia.

“Dengan berkumpulnya perempuan dari berbagai negara saya harap kita dapat meningkatkan solidaritas dan tenggang rasa sesama perempuan melalui tukar pikiran dan pemahaman,” kata Jung saat memberi laporan Sidang Umum ke-35 ICW yang diresmikan Presiden Joko Widodo di Pendopo Balkondes, Hotel Grand Inna Yogyakarta, Jumat.

Ia mengatakan acara Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional merupakan wujud komitmen perempuan dari berbagai negara memperjuangkan kesetaraan di berbagai sektor pembangunan.

“Kita hadir hari ini untuk bergerak maju bersama memperjuangkan kesetaraan gender,” tegas Jung yang disambut dengan tepuk tangan meriah ribuan pimpinan organisasi perempuan Indonesia dan 169  delegasi ICW dari 49 negara.

Dalam acara pembukaan itu, Jung turut menyampaikan kekagumannya terhadap gerakan perempuan di Indonesia.

“Saya mengamati, suara perempuan ternyata terdengar dengan jelas di Indonesia. Gerakan perempuan di negeri ini ternyata punya sejarah panjang, mulai dari Ratu Kaliyamat, hingga Kartini dari Jepara,” sebut presiden ICW asal Korea Selatan itu.

Sebelum datang ke Yogyakarta, Jung ternyata sempat mendatangi Kedutaan Indonesia di Korea Selatan untuk mempelajari sejarah gerakan perempuan di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebut tokoh perempuan lain, salah satunya Presiden RI Periode 2001-2004 Megawati Soekarnoputri.

“Delapan perempuan menduduki jabatan menteri, dan banyak kursi di parlemen. Indonesia telah memberikan contoh yang baik untuk memberdayakan perempuan dengan memberi mereka posisi strategis di pemerintahan, bisnis, dan sektor keuangan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Jung turut mengapresiasi kehadiran Presiden Joko Widodo di Pendopo Balkondes, Yogyakarta, Jumat.

“Presiden Joko Widodo, anda sangat terkenal di kalangan anak muda. Apalagi setelah aksi anda naik sepeda motor saat pembukaan Asian Games,” kata Jung yang disambut gelak tawa hadirin.


Baca juga: Presiden ingatkan persatuan Indonesia harus terus dijaga

Baca juga: Ketua Umum Kowani tolak istilah "the power of emak-emak"


 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018