Ya balik lagi ke mindset tadi, mungkin mereka masih belum tahu kalau hiu itu penting banget buat ekosistem di laut
Jakarta (ANTARA News) - Maraknya perburuan hiu untuk diambil siripnya sebagai konsumsi menimbulkan keprihatin tersendiri bagi Kaka "Slank". Menurut vokalis band Slank tersebut, pola pikir salah seperti itu harus diubah agar kelangsungan hiu tetap terjaga 

"Ya balik lagi ke mindset tadi, mungkin mereka masih belum tahu kalau hiu itu penting banget buat ekosistem di laut," ucap Kaka saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat.

Menurut Kaka, mengkonsumsi sirip hiu sebenarnya tidak terlalu memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Masih banyak sumber gizi dari bahan makanan lain yang lebih menyehatkan tubuh.

Baca juga: Kurangi sampah plastik, Kaka "Slank" selalu bawa tumbler

"Kalau mereka tahu juga nggak banyak manfaat yang bisa didapat dari makan hiu. Nggak sesehat lo makan tempe gitu, jadi buat apa lo makan hiu," terang Kaka.

Untuk itu bagi Kaka tidak ada gunanya memakan sirip hiu karena semuanya dapat membuat populasi predator lautan ini semakin berkurang sehingga berakibat bagi ketidakseimbangan ekosistem laut.

"Percuma lah lo makan sirip hiu, apalagi lo cuma makan siripnya, terus badannya segitu gede buat apa gitu, ya percuma aja jadinya," tutupnya.

Baca juga: Di sela konser, Kaka tantang Slankers kurangi pakai sampah plastik

Baca juga: Ketika Kaka Slank bicara soal hiu

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018