Pekalongan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo kembali menyerukan hijrah di depan 100 ribu anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser.

"Saya ingin mengajak keluarga besar GP Ansor untuk tetap beristiqomah, menjaga NKRI dan membimbing jamaah yang ingin berhijrah," kata Jokowi saat acara Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Pahlawan bersama 100 ribu anggota GP Ansor dan Banser di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis malam.

Kepala Negara meminta GP Ansor ikut mengajak masyarakat hijrah dari sikap egois yang mau menang sendiri menjadi sikap peduli sesama. 

"Hijrah dari sifat pendendam kepada sifat penuh kasih sayang, dari sifat pemarah ke kesabaran, hijrah dari yang senang kegaduhan ke yang penuh kerukunan. Setuju nggak," kata Jokowi.

Para anggota GP Ansor yang memenuhi Alun-alun Kajen ini langsung menjawab secara serempak setuju.

Presiden juga meminta GP Ansor untuk bersabar menghadapi masalah, tantangan dan meletakkan kepentingan negara di atas kepentingan kelompok. 

"Untuk terus menjaga marwah ulama, organisasi dan terus melakukan syiar keislaman dan keindonesiaan, selalu bermunajat dalam kebaikan, kedamaian, kesejahteraan, kemakmuran yang juga dilakukan oleh Nabi, syuhada, pahlawan," kata Jokowi 

Presiden juga mengatakan untuk tidak pernah jauh dari kyai, ulama, baik dalam bermasyarakat dan bernegara. 

"Kepada seluruh kader GP Ansor, dengan mengikuti jalan kemuliaan Nabi, insyallah bangsa kita yang besar akan terus bergerak maju. Maju dalam pekerjaan besar kita untuk menghadirkan keadilan sosial, untuk meningkatkan kualitas SDM, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara badatun thoyibatun waratun ghofur," kata Jokowi.

Baca juga: Ribuan santri sambut kehadiran Presiden Jokowi di Pekalongan
Baca juga: Jokowi blusukan ke Plaza Pekalongan beli sarung

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018