Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat dan budayawan meluhurkan budaya bangsa di tengah perkembangan dunia yang membawa masuk berbagai budaya manca ke Indonesia.
   
"Kita harus selalu ingat untuk terus aktif meluhuri kebudayaan Indonesia, kebudayaan Nusantara, dan sekaligus menguatkan dan mengembangkan dalam menghadapi perkembangan zaman tersebut," katanya saat menyampaikan sambutannya dalam acara penyerahan Strategi Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Minggu sore.

Presiden mengatakan perkembangan budaya di dunia semakin kompleks seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan komunikasi yang semakin cepat.
   
Kendati demikian Kepala Negara yakin budaya bangsa Indonesia yang khas dan berakar kuat tetap akan bisa terus tumbuh subur dalam kondisi yang demikian.

"Saya meyakini kebudayaan kita akan tetap mengakar kuat dalam ke-Indonesiaan kita dan sekaligus tumbuh subur mewarnai belantara budaya dunia berkat semangat dan kerja keras bapak ibu semuanya yang luar biasa," kata Jokowi, mengapresiasi budayawan dan seniman yang hadir dalam acara itu.

Penyerahan Strategi Kebudayaan kepada Presiden merupakan rangkaian acara Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.
   
Strategi Kebudayaan adalah kumpulan pokok-pokok pikiran dari seluruh daerah di Indonesia yang disampaikan dalam Sidang Pleno Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.

Presiden menutup sambutannya dalam acara itu dengan membacakan sajak karya Chairil Anwar yang berjudul "Diponegoro".

Baca juga: Mendikbud: KKI berikan banyak wawasan baru
 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018