Manokwari (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi kerukunan antarumat beragama di Provinsi Papua Barat yang tercipta berkat dukungan semua pemangku kepentingan.

"Ini tentu tidak terlepas dari peran Bapak Gubernur, seluruh tokoh agama serta dan unsur pimpinan di daerah. Saya berharap kondisi ini terus dijaga agar proses pembangunan berjalan lancar," kata Lukman Hakim dalam kunjungannya ke Manokwari, Jumat.

Menurutnya, Papua Barat bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia. Kerukunan dan persaudaraan antarpemeluk agama di daerah tersebut terawat secara baik.

Ia bersyukur sekaligus kagum dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kerukunan. Seluruh pemeluk agama bisa menjalankan ibadahnya masing-masing secara nyaman.

"Ini saya rasa bukanlah hasil yang tiba-tiba. Berbagai upaya tentu dilaksanakan kepala daerah, seperti bapak gubernur, bupati dan wali kota, pimpinan agama, juga TNI serta Polri," katanya.

Ia berharap persaudaraan dan kasih sayang antar pemeluk agama di daerah tersebut harus selalu digelorakan, mengingat potensi gesekan sangat besar di tengah perbedaan pandangan dan keyakinan masyarakat.

"Kita ini manusia adakalanya kita lupa dan adakalanya khilaf, karenanya kedamanaan, menebarkan kasih sayang harus terus disampaikan. Jangan sampai karena perbedaan pandangan, perbedaan keyakinan menimbulkan konflik yang menyeret agama," ujarnya lagi.

"Saya pun berterima kasih kepada seluruh pimpinan daerah, pimpinan agama, organisasi masyarakat keagamaan, para tokoh yang sudah menjaga dengan gigih kerukunan di Papua Barat," kata Lukman.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan Papua Barat merupakan daerah yang sangat aman. Pemerintah Provinsi pun akan terus berupaya untuk melaksanakan program pemberdayaan di bidang keagamaan.

"Ini semua berkat peran semua pihak, para tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat serta TNI dan Polri. Kita harus jaga Papua Barat agar nyaman untuk semua orang," kata gubernur.

Baca juga: Saudi kaji usulan jalur cepat haji Indonesia

Baca juga: Menag akan tanda tangani taklimatul hajj di Arab Saudi

Pewarta: Toyiban
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018