"Mal" pelayanan publik di Sidoarjo segera terwujud

Menpan-RB Tinjau Pelayanan Publik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur (kiri) meninjau gedung pelayanan publik Sewaka Dharma di Kota Denpasar, Bali, Senin (28/8/2017). Menpan-RB mengharapkan Pemkot Denpasar segera merealisasikan dan menjadi model percontohan Mal Pelayanan Publik yaitu pelayanan publik satu atap dari berbagai instansi untuk memudahkan masyarakat. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sidoarjo, Jatim, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur segera mewujudkan "Mal" Pelayanan Publik (MPP) menyusul sudah dilaksanakannya penandatangan kesepakatan bersama antara pemerintah daerah setempat dengan peserta MPP di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jumat.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, mengatakan, pelayanan publik ini melibatkan 18 peserta dari unsur pemerintah dan nonpemerintah di antaranya adalah Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur.

"Selain itu, juga ada Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, Kantor Kementerian Agama Sidoarjo, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, PDAM Delta Tirta, Bank Jatim Cabang Sidoarjo, BPR Delta Artha," katanya.

Ia mengemukakan, kehadiran MPP di Kabupaten Sidoarjo menjanjikan pelayanan publik yang terpadu di mana dapat menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat akan munculnya pelayanan publik yang memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

"Ini adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk terus menerus meningkatkan pelayanan publik," katanya.

Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Abah Ipul ini mengatakan, tantangan selanjutnya saat ini adalah upaya memastikan konsistensi dan komitmen agar secepatnya terwujud MPP di Kabupaten Sidoarjo.

Ia juga meminta para pemimpin unit-unit pelayanan untuk fokus melakukan sinergi dengan semangat keterpaduan dalam proses penyelenggaraan MPP.

"Melalui penandatanganan kesepakatan MPP ini mari wujudkan MPP yang memberikan pelayanan terbaik dalam satu gedung, selain itu pula saya berharap agar nanti semua tetap menjaga kebersihan serta memberikan sarana dan prasarana yang nyaman sehingga masyarakat yang dilayani nantinya dapat terlayani dengan baik," katanya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Ahmad Zaini menjelaskan MPP ini adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh pemerintah guna memberikan layanan yang pasti pada aspek kependudukan dan catatan sipil, perizinan, keimigrasian, kepolisian, pajak dan retribusi, izin pertanahan, utilitas listrik PLN, BPJS, PDAM, layanan sosial serta berbagai layanan publik lainnya di satu tempat.

"Selain itu, MPP untuk memastikan pelayanan yang diberikan bebas pungli, seluruh biaya yang dikeluarkan dalam layanan tersebut dilakukan secara elektronik atau melalui perbankan," katanya.

Ia menambahkan MPP Kabupaten Sidoarjo ini berlokasi di Gedung Serba Guna Lingkar Timur dan saat ini pembangunan MPP telah selesai pada tahap penyelesaian akhir interior serta sarana pendukung lainnya.

"Ke depan MPP akan terus mengalami penyesuaian dan perbaikan secara bertahap, guna memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma mengaku sangat mendukung adanya MPP ini.

"Kami sangat mendukung adanya MPP ini supaya bisa melayani masyarakat Sidoarjo secara maksimal," katanya.

Baca juga: Pemkot Tomohon sediakan Mal Pelayanan Publik untuk layani masyarakat

Baca juga: Menpan-RB inginkan bisa buat paspor di Mal Pelayanan Publik

Baca juga: Surabaya jadi percontohan konsep mal pelayanan publik

 
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018