Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Agus Surya Bakti mengatakan bahwa pemerintah siap mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. 

Pemerintah akan mengintegrasikan serta menyinergikan semua kekuatan yang ada untuk mencegah kemungkinan kerawanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung, katanya.

"Dan tentunya peran serta masyarakat semua untuk sama-sama kita aktif melakukan upaya pencegahan, kemudian melaporkan apabila ada hal yang kira-kira dapat menimbulkan kerawanan sehingga saudara-saudara kita yang merayakan Natal dan Tahun Baru bisa melaksanakannya dengan senang hati," kata Agus saat video conference pada Rapat Koordinasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mabes Polri, Rabu, demikian siaran pers yang diterima Antara.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga dibahas tentang antisipasi kemungkinan arus mudik dan arus balik selama musim libur Natal dan Tahun Baru. 

Untuk arus mudik dan arus balik baik melalui jalur darat, laut ataupun udara akan diupayakan terintegrasi dan terkoordinasi, katanya.

Rapat yang dihadiri oleh para Gubernur atau yang mewakili, beberapa pejabat Bupati dan Walikota, seluruh Pangdam dan Kapolda, serta pejabat instansi terkait tersebut bertujuan untuk menyamakan visi agar kesiapan menjelang Natal dan Tahun Baru dapat dilakukan dengan optimal. 

"Jadi banyak hal yang disampaikan dan semua sepaham bahwa kita akan melaksanakan dengan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan," kata Sesmenko Agus.

Baca juga: 350 personil polisi siap amankan pergantian tahun di Mimika
Baca juga: Berikut upaya pengamanan jalur Puncak, mulai 18.00 WIB ditutup
Baca juga: 1.345 personel amankan malam tahun baru di Pekanbaru


Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018