Kami terus pantau pergerakan tanah di Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan, mengingat pada pekan sebelumnya ada kejadian pergerakan tanah di lokasi tersebut
Banjarnegara, Jateng (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus memantau pergerakan tanah di Desa Kebutuhjurang menyusul masih tingginya curah hujan di wilayah setempat.

"Kami terus pantau pergerakan tanah di Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan, mengingat pada pekan sebelumnya ada kejadian pergerakan tanah di lokasi tersebut," kata Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara Arief Rahman di Banjarnegara, Selasa.

Dia juga menambahkan bahwa pemantauan di lokasi bencana dilakukan guna memastikan bahwa situasi aman, dan guna memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat di wilayah setempat.

"Dari laporan petugas di lapangan diketahui bahwa masih terjadi sedikit longsoran dan pergerakan tanah di dekat pemukiman warga," katanya.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan optimalisasi petugas dan relawan di posko pemantauan.

"Petugas juga terus memantau cuaca di lokasi dan sekaligus juga mendata rumah warga yang terdampak, dan hasilnya akan dilaporkan segera setelah pendataan selesai dilakukan," katanya.

Dia juga mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan bidan desa dan Puskesmas Pagedongan guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Hal itu perlu dilakukan mengingat curah hujan masih cukup tinggi yang dikhawatirkan bisa memicu longsor dan pergerakan tanah," katanya.

Ia  menjelaskan, berdasarkan laporan BMKG diketahui bahwa curah hujan di wilayah setempat cenderung menurun, namun potensi cuaca ekstrem masih terus ada.

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat sekitar untuk selalu waspada karena potensi cuaca ekstrem masih tetap tinggi dan kejadian tanah longsor bisa terjadi kapan saja," katanya.

BPBD Banjarnegara, kata dia, mengingatkan masyarakat untuk segera melaporkan apabila mengetahui ada potensi longsor atau ada kejadian longsor di wilayah masing-masing.

"Apabila masyarakat mengetahui ada kejadian tanah longsor atau pergerakan tanah di wilayahnya masing-masing silahkan melaporkan kepada BPBD Kabupaten Banjarnegara," katanya.

Baca juga: Alat deteksi longsor buatan BPBD Banjarnegara dipasang di Desa Kebutuhjurang

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019