Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, pers menjadi kekuatan dalam pembangunan karena sebagai kontrol sosial.

"Oleh karena itu kami terus menjalin kerja sama dengan pers di daerah ini, kata gubernur menghadiri pelantikan pengurus PWI Cabang Sumatera Selatan Periode 2019 -2024 yang dilantik Ketua PWI Pusat Atal S Depari di Palembang, Selasa.

"Jadi, PWI menjadi kekuatan dalam memajukan pembangunan di daerah ini,"  kata gubernur seraya menambahkan karena wartawan sebagai kontrol sosial dalam melaksanakan pembangunan.

Dalam upaya memajukan jajaran insan pers di daerah ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan bekerja sama dengan pemerintah kota untuk terus membangun sumber daya manusia melalui sekolah dan pelatihan seperti Sekolah Jurnalistik Indonesia.

Kualitas sumber daya manusia dalam bidang jurnalistik cukup penting supaya pembangunan semakin berkualitas.

Sementara Ketua PWI Cabang Sumsel Firdaus Komar mengatakan, Sumsel menjadi acuan dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang jurnalistik.

Hal itui karena Sumsel yang pertama mendirikan Sekolah Jurnalis Indonesia termasuk UKW, kata dia.

Namun, lanjut dia, upaya dalam memajukan PWI tersebut tidak terlepas dari dukungan Gubernur Sumsel dan aparat terkait lainnya.

Sehubungan itu pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai instansi termasuk dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam memajukan pembangunan di daerah ini.

Ketua PWI Cabang Sumsel yang dilantik antara lain Firdaus Komar (Ketua), Anwar SY Raswan (WK Bidang Organisasi), Mulyadi (WK Bidang Pembelaan Wartawan), Marintan (WK Bidang Kesejahteraan), Zulhanan (WK Bidang Kerja Sama Antar Lembaga), Icuk M Sakir (WK Bidang Pendidikan).

Edwar Heryadi (WK Bidang Siver dan IT), Indra Gultom (WK Bidang Daerah), Dwitri Kartini (Sekretaris), Suprapto Ramadhan (WK Sekretaris I), Erni Novianti (WK Sekretaris II), Novas Riady (Bendara), Sri Suparti Gumay (WK Bendara I), Rizal Afrizal (WK Bendara II). ***2***
(T.U005)
 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019