Juara umum MTQ Kota Banjarmasin diraih Banjarmasin Tengah

Juara umum MTQ Kota Banjarmasin diraih Banjarmasin Tengah

Para juara dalam MTQ Nasional ke-51 Kota Banjarmasin, Kalsel, yang diselenggarakan selama empat hari yaitu 15-18 Maret 2019. (FOTO ANTARA/HO-Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Banjarmasin (ANTARA) - Kecamatan Banjarmasin Tengah menjadi juara umum pada pelaksanaan MTQ Nasional ke-51 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan nilai 69 mengungguli empat kecamatan lainnya.

Ketua Pelaksana MTQ yang juga Camat Banjarmasin Utara Apiludin Noor pada penutupan MTQ itu, di banjarmasin, Senin malam mengatakan, penetapan Banjarmasin Tengah sebagai juara berdasarkan penilaian dari Dewan Hakim dengan koordinator Drs Abdul Hamid Herman.

Setelah Banjarmasin Tengah, juara kedua yaitu Banjarmasin Utara dengan nilai 67, kemudian Banjarmasin Barat, berada pada peringkat tiga dengan nilai 61.

Selanjutnya, Banjarmasin Selatan peringkat empat dengan nilai 54 dan terakir Banjarmasin Timur dengan nilai 43.

Pada MTQ bertema "Dengan Semangat MTQ Nasional ke-51 Kita Tingkatkan Insan Wurani, Untuk Mewujudkan Banjarmasin Baiman" itu, panitia juga menetapkan katagori juara selain katagori daerah juga tilawah dan tahfiz.

Pada katagori tilawah juara umum perorangan ditetapkan Muhammad Rizqon dengan nomer peserta 004 dengan nilai 97 asal Banjarmasin Selatan.

Sedangkan tahfiz, juara umum disabet oleh peserta yang juga berasal dari Banjarmasin Selatan, atas nama Muhammad Robiyannor dengan nilai 99,05.

Apiludin mengatakan, penyelenggaraan lomba MTQ kali ini, mendapatkan dukungan luar biasa dari masyarakat Banjarmasin, terbukti selama empat hari, tidak kurang dari 1.000 pengunjung selalu memadati lokasi lomba.

"Apalagi malam ini, yang merupakan penutupan lomba, tidak kurang dari 2.000 orang memadati arena lomba," katanya.
 
Para juara dalam MTQ Nasional ke 51 Kota Banjarmasin, selama empat hari yaitu 15-18 Maret 2019. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)
Antusiasme pengunjung, juga terlihat hingga Senin malam, di mana ribuan warga masih berada di lokasi pengumuman dan penyerahan hadiah bagi peserta lomba.

Tidak ketinggalan, pengunjung juga mendapatkan berbagia hadiah yang diberikan oleh panitia berdasarkan undian.

"Luar biasa, antusiasme warga untuk memeriahkan acara MTQ, ini sangat membanggakan," katanya.

M Rizki Ramadhan, pemenang terbaik ketiga tahfiz lima juz tilawah mengatakan, penyelenggaran MTQ ini sangat baik untuk meningkatkan minat generasi muda dalam mencintai Al Quran.

"Saya harapkan melalui penyelenggaraan ini, generasi muda Qurani akan terus tumbuh di Kalsel," katanya.

Salah seorang peserta MTQ 20 juz, M Hatlan Noor dari UIN Antasari mengatakan, penyelenggaraan MTQ ini, merupakan sarana untuk mengasah kemampuan dan dakwah agar generasi muda lebih mencintai Al Quran.

"Kami berharap, pemerintah juga bisa lebih menghargai para pemenang dengan penghargaan yang sepantasnya," katanya.

Selain itu, tambah dia, penyelenggaraan MTQ ini, juga menjadi penyeimbang berkembangkan teknologi yang banyak mempengaruhi moral generasi muda.

Mahasiswa semester tujuh tersebut mengatakan, dia mulai serius mempelajari tilawah sejak tiga tahun terakhir, dan hasilnya cukup bagus.

 
Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019