Pariwisata dijadikan basis pembangunan infrastruktur di Sabang-Aceh

Pariwisata dijadikan basis pembangunan infrastruktur di Sabang-Aceh

Musrenbang RKPK se-Kota Sabang di Aula Kantor Bappeda setempat, Kamis (21/3/2019) (FOTO ANTARA/HO- Humas Pemko Sabang).

Sabang (ANTARA) - Wali Kota Sabang, Provinsi Aceh, Nazaruddin menyatakan, pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan di pulau terluar paling barat Indonesia itu berbasis pariwisata guna mewujudkan percepatan ekonomi masyarakat.

"Untuk percepatan kemandirian, pembangunan infrastruktur di Kota Sabang berbasis pariwisata serta mengelola segala potensi yang ada demi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar industri itu sendiri," kata Wali Kota Sabang Nazaruddin di Sabang, Jumat.

Menurutnya, rencana kerja Pemerintah Kota Sabang sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) Kota Sabang dan memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun.

Maka dari itu, kata Wali Kota Sabang, warga perlu dibekali pendidikan politik serta memiliki strategi dan inovasi kebijakan pembangunan yang tepat.

Ia menjelaskan Kota Sabang mempunyai sumber daya berupa Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), yang tidak dimiliki kota atau kabupaten lainnya di Provinsi Aceh.

Oleh karena itu, sudah saatnya Pemerintah Kota Sabang bersama pihak terkait mengakselerasi pembangunan di kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) itu lebih cepat dibandingkan dengan daerah kabupaten/kota lainnya.

Sekretaris Bappeda Aceh, Fariana menambahkan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Aceh sangat tertinggal dari provinsi lain di Sumatera.

Provinsi paling barat Sumatera itu memiliki potensi wilayah yang sangat baik, perkebunan yang subur, laut yang luas dan hasil alam yang melimpah, namun manajemen operasional pun harus berjalan lancar.

Pemerintah Kota Sabang pada, Kamis (21/3) telah melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) dengan tema, "Melalui Musrenbang Kita Wujudkan Sinergitas dan Akselerasi Pembangunan Menuju Kota Sabang Yang Berdaya Saing".

Musrenbang RKPK se-Kota Sabang tersebut berlangsung sehari dan dihadiri unsur Forkopimda se-Aceh dan organisasi kemasyarakatan guna meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Baca juga: Layanan pariwisata Sabang diharapkan berstandar tinggi

Baca juga: Pelaku usaha wisata Sabang diajak adu kreatif kelola pariwisata

Baca juga: Sabang siapkan lahan untuk bangun bandara internasional
Pewarta : Irman Yusuf
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019