Perkembangan terakhir Jalan Tol Cisumdawu menunjukkan progres yang signifikan
Bandung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan sebagian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu ditargetkan bisa dilalui arus kendaraan saat mudik Lebaran 2019.

"Diharapkan, seksi I sampai III itu berarti Jatinangor, Rancakalong, Sumedang, dan Cimalaka tahun 2019 bisa selesai. Untuk secara keseluruhan, selesai 2020. Sedang, seksi II dan III diharapkan Lebaran ini sudah bisa digunakan," kata Iwa seusai menghadiri rapat pimpinan di Gedung Sate Bandung, Jabar, Senin.

Ia mengatakan apabila Seksi II dan III Tol Cisumdawu selesai sebelum Idul Fitri 2019, maka akan membantu arus mudik di wilayah Sumedang.

"Meskipun, belum memadai, tapi bisa dilalui itu kan membantu apabila seksi II dan III selesai saat Idul Fitri. Karena daerah Cadas Pangeran dan Cimalaka itu terkenal macet," kata dia.

Dia juga mengatakan perkembangan terakhir Jalan Tol Cisumdawu menunjukkan progres yang signifikan seperti pengadaan lahan seksi I sudah mencapai 65,86 persen dan konstruksi sudah 14,26 persen untuk Jatinangor-Rancakalong.

Sedangkan, seksi II dari Rancakalong-Sumedang dengan panjang 17, 35 km saat ini pembebasan lahannya sudah 92 persen konstruksi 81,71 persen.

Kemudian, seksi III sepanjang 4,5 km yang terbentang dari Sumedang-Cimalaka, pembebasan lahannya sudah 99,74 persen konstruksinya sudah hampir 60 persen.

Lalu, untuk seksi IV, pengadaan lahan sudah 8,36 persen dan seksi V pengadaan lahan dan konstruksi belum dilakukan dan seksi terakhir atau seksi VI pengadaan lahannya sudah 16,17 persen.

"Jadi untuk seksi I dan II, pembangunannya dibiayai pemerintah sepanjang 28,8 km. Seksi III sampai IV dibiayai oleh PT Citra Karya Jabar dengan total 33,2 km," kata dia.

Lebih lanjut, Iwa mengatakan untuk terowongan kembar Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dibangun sepanjang 471 meter.

"Untuk twin tunnel-nya dari kiri ke kanan sudah selesai, Alhamdulillah," kata dia.

Baca juga: PUPR: Tol Cisumdawu penghubung dua tol tingkatkan konektivitas Jabar
Baca juga: Jabar andalkan Tol Cisumdawu kembangkan wilayah utara

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019