Forum Danau Limboto segera terbentuk diGorontalo

Forum Danau Limboto segera terbentuk diGorontalo

Foto udara kondisi Danau Limboto yang tertutup eceng gondok di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (27/03/2019). Danau Limboto ditetapkan menjadi salah satu dari 15 danau kritis di Indonesia yang menjadi prioritas nasional untuk penanganan terpadu oleh pemerintah pusat dan daerah. (FOTO ANTARA/Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Bupati Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Nelson Pomalingo akan membentuk Forum Danau Limboto sebagai tindak lanjut rapat koordinasi penyelamatan danau di Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Saya ingin Danau Limboto dikembangkan menjadi geopark, karena ada spesifikasinya. Selain itu, dengan menjadi perhatian internasional saya berharap Danau Limboto mempunyai sister lake. Jadi nantinya akan ada kerja sama antardanau, seperti yang sudah kita lakukan di tingkat nasional tahun lalu," ujarnya di Gorontalo, Kamis.

Ia menjelaskan pihaknya terus berkomitmen untuk menyelamatkan Danau Limboto yang kini termasuk dalam 15 danau kritis di Indonesia.

"Danau kita bukan hanya untuk kebutuhan air tetapi juga untuk perikanan penopang ekonomi daerah termasuk pendorong sektor pariwisata," katanya.

Nelson mengaku jika hingga saat ini pihaknya telah melakukan berbagai langkah penyelamatan Danau Limboto, baik melalui tindakan aksi maupun konsep.

Antara lain, melaksanakan Konferensi Danau Nusantara di Pentadio Resort tahun 2017, serta Festival Pesona Danau Limboto pada tiga tahun terakhir.

"Tapi yang paling penting lagi adalah komitmen seluruh masyarakat bagaimana melakukan perbaikan-perbaikan yang kaitannya dengan Danau Limboto itu sendiri, dan setelah rakor ini, kita akan tindak lanjuti di daerah untuk membentuk Forum Danau Limboto," demikian Nelson Pomalingo.

Baca juga: Danau Limboto masuk daftar prioritas nasional

Baca juga: Danau Limboto di Gorontalo masuk program untuk direhabilitasi
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019