Gempa 5,2 SR di Sabang tidak timbulkan tsunami

Gempa 5,2 SR di Sabang tidak timbulkan tsunami

Seorang nelayan sedang melakukan persiapan melaut di kawasan Pantai Kasih, Sabang, Senin (1/4). (Foto: ANTARA Aceh/Said)

Sabang, Aceh (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) terjadi di wilayah Kota Sabang, Senin (1/4) tepat pukul 6.46 WIB, tetapi tidak menimbulkan potensi gelombang tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I'e di Banda Aceh menyatakan, titik koordinat episenter berada di 7,63 lintang utara, dan 95,09 bujur timur.

Pusat gempa kali ini terjadi di laut dengan jarak sekitar 194 kilometer arah Barat Laut Kota Sabang, Aceh, yang memiliki kedalaman 10 kilometer.

Trinanda Mulia (26), warga yang tinggal di kawasan Pantai Kasih, Sabang, mengaku, sama sekali tidak merasa goncangan gempa bumi.

Ia melanjutkan, sementara air laut di bibir pantai terlihat normal seperti sediakala, dan tidak mengalami penyusutan walau terjadi salah satu peristiwa fenomena alam tersebut.

"Nggak terasa apa-apa, dan semua normal. Terutama untuk air di laut untuk kawasan pantai ini. Memang sering begini, kami tak rasakan gempa," katanya.*

Baca juga: Sabang aman pascagempa 5,7 SR

Baca juga: Gempa Sabang akibat subduksi Lempeng Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia


 
Pewarta : Muhammad Said
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019