Pemprov DKI siapkan kebutuhan pokok warga sekitar tanggul Jatipadang

Pemprov DKI siapkan kebutuhan pokok warga sekitar tanggul Jatipadang

Gubernur DKI Jakarta, Anies  Baswedan di Jakarta Barat, Senin. (01/04/2019). ANTARA/Susylo Asmalyah

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan kebutuhan pokok untuk warga yang terdampak jebolnya tanggul Jatipadang, Jakarta Selatan pada Minggu.

"Tadi malam sudah ditangani pak Wali Kota, langsung kebutuhan warga di sana langsung disiapkan dari mulai kebutuhan pokok, makanan," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta Barat, Senin.

Diungkapkannya bahwa pada awal tanggul Jatipadang jebol sempat banyak warga yang mengungsi, tapi ketika sudah sekitar jam 22.00 WIB sudah mulai berangsur-angsur surut, mereka kembali ke rumah masing - masing.

"Jadi ini memang air dari Selatan biasa meluap dan SDA (petugas Sumber Daya Alam) mengontrol pintu-pintu air di bagian Selatan seperti di Setu Babakan," katanya.

Baca juga: Anies kunjungi korban tanggul jebol di Jati Padang

Dia berharap dengan tuntasnya tanggul yang sekarang dibangun di Bogor ada dua, ketika itu selesai akhir tahun ini, maka volume air yang turun ke Jakarta akan turun 30 persen.

Dengan turunnya air sebesar 30 persen maka proses retensi akan bisa lebih baik karena selama di Bogor tidak tertangani, maka volume sebesar apa pun akan selalu mengalami limpahan yang besar.

"Namun yang paling penting tanggul di Bogor selesai. Alhamdulilah progressnya baik, soal tanah yang dulu jadi kendala di pembangunan tanggul itu sekarang beres dan seperti jadwalnya Desember selesai. Begitu terselesaikan, Insya Allah kita akan punya volume air yang jauh lebih rendah," kata Anies.

Baca juga: Anies Baswedan terima laporan Dinas LH tentang tanggul jebol
Baca juga: Anies pastikan tanggul laut terbangun

 
Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019