Kegiatan pelatihan tersebut adalah upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup nelayan tradisional setempat menuju masyarakat yang sejahteradan maju
Sorong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat melatih nelayan sejumlah distrik bagaimana mengelola ikan, perbaikan mesin, dan perbaikan alat tangkap guna menambah pengetahuan para nelayan.

Asisten II Setda Kabupaten Sorong Selatan, Hendrik Kokurule di Sorong, Rabu menjelaskan pelatihan yang berlangsung selama dua hari di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sorong Selatan tersebut bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia nelayan dan masyarakat pesisir sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.

"Kegiatan pelatihan tersebut adalah upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup nelayan tradisional setempat menuju masyarakat yang sejahtera dan maju," katanya.

Dia menjelaskan, pelatihan ini dilakukan agar nelayan mengetahui cara mengolah ikan maupun udang hasil tangkapan sehingga memberikan nilai ekonomi tinggi makan pendapatan meningkat.

Menurut dia, setiap tahun pemerintah memberikan bantuan motor tempel dan alat tangkap jaring bagi nelayan nama banyak yang tidak memiliki pengetahuan merawat peralatan tersebut sehingga ketika mengalami kerusakan kecil saja peralatan ini langsung dibuang.

"Karena itu, dengan pelatihan ini nelayan dapat memperbaiki sendiri mesin perahu maupun alat mancing jika terjadi gangguan atau rusak," ujarnya.

Ketua panitia pelaksana pelatihan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sorong Selatan, Ismail Rauf  menambahkan bahwa pelatihan diikuti oleh peserta yang berasal dari delapan distrik pesisir yaitu Distrik Teminabuan sebanyak 37 peserta, Distrik Konda sebanyak 20 peserta.

Selanjutnya, Distrik Kokoda sebanyak 12 peserta, Distrik Kokoda Utara sebanyak 3 peserta , Distrik Inanwatan sebanyak 10 peserta , Distrik Metamani sebanyak 10 peserta , Distrik Kais sebanyak 10 peserta, dan Distik Saifi sebanyak 3 peserta sehingga total sebanyak 105 peserta.

Baca juga: Nelayan Raja Ampat dapat bantuan 35 perahu

Baca juga: Basarnas temukan ABK nelayan hilang di Sorong Selatan dalam kondisi meninggal

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019