Jokowi sebut PTDI satu-satunya industri pesawat di Asia Tenggara

Jokowi sebut PTDI satu-satunya industri pesawat di Asia Tenggara

Pesawat tipe N219 buatan PT Dirgantara Indonesia. (Dokumen PT Dirgantara Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut PT Dirgantara Indonesia sebagai satu-satunya industri yang memproduksi pesawat di kawasan Asia Tenggara.

"Kita punya PT Dirgantara Indonesia, satu-satunya industri sejenis di Asia Tenggara," demikian Presiden Jokowi dalam cuitan di media sosial Twitter dikutip Antara pada Jumat.

Menurut dia, dari 283 pesawat setipe CN235, 67 di antaranya merupakan hasil produksi putra-putri Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia telah lama menguasai teknologi dirgantara tersebut.

Dalam video yang menyertai cuitannya di Twitter, Presiden Jokowi juga menjelaskan Indonesia mampu membuat produk kedirgantaraan.

"Bangsa Indonesia bercita-cita menguasai teknologi dirgantara. Teknologi itu kini juga berada di genggaman kita. Indonesia bisa membuatnya. Inilah karya kita bersama," ujar Presiden Jokowi.

PT Dirgantara Indonesia sendiri memiliki hanggar produksi pesawat di Lapangan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Menurut laman PTDI, terdapat sejumlah produk yang mampu diproduksi perusahaan persero itu, seperti pesawat angkut CN295, CN235, serta tiga tipe NC212.

Perusahaan BUMN itu juga merancang pesawat N245, NC212i, dan N219 dan beberapa jenis helikopter antara lain NAS332 Superpuma, Bell 412 SP, dan BO 105 CB.

Baca juga: Bandara helikopter pertama di Indonesia siap diuji coba

 
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019