Tangerang (ANTARA) - KPU Kota Tangerang Banten diminta untuk memperhatikan penyimpanan berkas administrasi Pemilu, termasuk kotak surat suara saat musim hujan sebab dikhawatirkan rusak.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim di Tangerang Senin mengatakan, imbauan ini sudah kembali disampaikan terkait beberapa wilayah di Kota Tangerang terendam banjir.

"Dari gangguan cuaca ekstrem, KPU harus bisa memperhatikannya. Antisipasi jangan sampai rusak seperti kotak suara," katanya.

Dijelaskannya, himbauan juga sudah sejak awal disampaikan oleh Bawaslu kepada KPU ketika logistik dikirim ke tingkat PPK, PPS dan TPS.

Kerusakan harus seminim mungkin diantisipasi. Sebab, kotak suara tersebut merupakan dari perwakilan suara masyarakat yang disampaikan dengan memilih calon pemimpinnya.

Oleh karena itu, dengan datangnya musim hujan saat ini dan adanya himbauan dari BMKG maka segala macam cara perlu dilakukan untuk mengantisipasinya.

"Kita juga terus mengingatkan dan melakukan monitoring agar tak ada masalah dalam kerusakan logistik sebab bila terjadi dalam menimbulkan masalah dikemudian waktu," paparnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Achmad Syailendra menuturkan, pihaknya sudah memberikan info kepada setiap PPK dan PPS agar melakukan pengawasan terhadap logistik pemilu untuk tak rusak.

"Sudah kita sampaikan. Intinya agar semuanya dalam keadaan baik. Termasuk saat musim hujan seperti saat ini," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019