Korlantas Polri cek jalur mudik Lebaran 2019

Korlantas Polri cek jalur mudik Lebaran 2019

Kasatlantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana (kiri) sedang menjelaskan jalur mudik Lebaran 2019 kepada Tim Korlantas Polri, Kamis (9/5/2019). (Ali Khumaini)

Karawang (ANTARA) - Korps Lalu Lintas Mabes Polri mulai mengecek kesiapan jalur mudik Lebaran 2019 dengan meninjau pembangunan dua gerbang tol baru pengganti Gerbang Tol Cikarang Utama di wilayah Karawang dan Purwakarta, Jawa Barat.

"Untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, kita dari Korlantas melakukan survei lapangan dan memastikan fasilitas sarana dan prasarana jalur mudik," kata Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol J Didiek Dwi Priantono, di Karawang, Kamis.

Pengecekan jalur mudik dilakukan di jalan Tol Jakarta-Cikampek serta di jalur mudik non tol atau jalan arteri wilayah Karawang hingga Bekasi.

Dari pengecekan jalur itu, Tim Korlantas Polri yang didampingi Kasatlantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana juga memastikan kesiapan personel untuk pemataan titik rawan macet serta rawan kecelakaan.

Sesuai hasil survei lapangan, diketahui kondisi jalan yang akan digunakan pada musim mudik Lebaran nanti butuh perbaikan.

"Termasuk di jalan Tol Jakarta-Cikampek, ada beberapa titik jalan yang perlu perbaikan. Kami sudah koordinasikan, maksimal H-10 sudah dilakukan perbaikan jalan itu," kata Didiek.

Untuk jalan arteri Karawang, pihaknya sudah meminta Satlantas Polres Karawang untuk melakukan antisipasi kepadatan kendaraan dampak dari rencana penerapan "one way" atau sistem satu arah.

"Kalau ada one way di jalan tol, jalan arteri di Karawang juga harus siap," kata dia.
Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019