Jember (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Jember menggelar patroli sahur untuk menjaga keamanan dan ketertiban yang dipimpin Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dengan berjalan kaki di kawasan permukiman warga yang padat penduduk di Kelurahan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat dini hari.

Kapolres yang didampingi Kapolsek Sumbersari Kompol Faruk Mustofa Kamil, Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael, dan Kasat Reskrim Yadwivana Yumbo Q. berjalan kaki sambil membawa kentongan di kawasan Perumahan Bukit Permai Jember. Kegiatan ini melibatkan komunitas musik patrol guna membangunkan masyarakat untuk bersahur.

"Kami menggelar patroli sahur untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menekan angka kriminalitas yang sekaligus untuk membangunkan warga yang menjalankan ibadah puasa," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo usai patroli sahur di Jember.

Menurut dia, biasanya angka kejahatan meningkat selama bulan puasa hingga Lebaran karena seiring dengan meningkatknya kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya mengantisipasi tindakan krminaliitas dan kejahatan itu dengan melakukan patroli sahur bersama warga sekitar.

"Selain berpatroli menjaga keamanan, kami juga menyerap aspirasi dan menggali informasi dari masyarakat terkait dengan bidang keamanaan dan ketertiban yang dikeluhkan warga sehingga kami bisa menindaklanjuti dengan cepat," tuturnya.

Patroli keamanan, kata Kusworo, juga dilakukan oleh masing-masing kepolisian sektor (polsek) mulai tarawih hingga waktu imsak selama bulan puasa 1440 Hijriah. Dalam hal ini, semua anggota polsek diwajibkan patroli sahur di wilayahnya masing-masing.

"Kegiatan patroli sahur akan dilakukan secara kontinu selama Ramadan ini. Saya berharap dapat menekan angka kriminalitas dan tindakan kejahatan sekaligus beribadah dengan membangunkan masyarakat untuk sahur," katanya.

Usai berpatroli menjaga keamanan, lanjut dia, Polres Jember juga melakukan makan sahur bersama dengan masyarakat yang berada di lokasi patroli sahur. Pertemuan ini diharapkan dapat bertukar informasi dengan masyarakat seputar keamanan dan ketertiban di Kabupaten Jember.

"Kami berharap suasana Jember tetap aman dan kondusif selama bulan Ramadan 1440 Hijriah sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusyuk," ujarnya.

Warga Jember Reza menyambut positif kegiatan patroli sahur yang dilakukan Polres Jember karena dapat menjaga lingkungan sekaligus membangunkan masyarakat untuk sahur dengan musik patrol tersebut.

"Kami juga merasa terhibur dengan adanya musik patrol yang biasanya hanya ada saat bulan puasa sehingga saya berharap patroli sahur setiap hari selama Ramadan di Jember," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019