Pelatihan ini penting mengingat mahasiswa dapat menjadi kader atau agen kepariwisataan karena memiliki kecenderungan aktif pada berbagai platform media sosial.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui program “Goes to Campus” membekali mahasiswa  Universitas Indonesia (UI) pelatihan pariwisata dalam upaya menciptakan kader sadar wisata aktif.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar-Lembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya saat pelatihan dasar SDM Goes To Campus di Universitas Indonesia, Depok, Rabu, mengatakan bahwa pelatihan yang digelar bertujuan meningkatkan wawasan kepariwisataan bagi mahasiswa.

Pelatihan ini penting mengingat mahasiswa dapat menjadi kader atau agen kepariwisataan karena memiliki kecenderungan aktif pada berbagai platform media sosial.

“Saat ini kita bisa melihat kecenderungan mahasiswa atau bisa disebut kaum milenial, kalau berkunjung ke tempat wisata biasanya langsung mengupload foto atau video, sehingga mampu menarik orang lain untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, secara tidak langsung mereka telah membantu memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki,” katanya.

Kegiatan yang dihadiri 500 mahasiswa Universitas Indonesia ini memiliki misi untuk mewujudkan mahasiswa yang memahami alur proses, bisnis pariwisata, dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata.

“Mahasiswa sebagai ‘agent of change’ di lingkungan masyarakat merupakan tumpuan besar tujuan dalam mendukung pengembangan pariwisata. Karena mahasiswa memiliki idealisme dan prinsip yang dapat dikembangkan apabila dapat ditunjang dengan motivasi dan pembelajaran yang tepat,” kata Wisnu.

SDM Pariwisata Goes To Campus juga menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata antara lain Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Depok Wijayanto, Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia Erwin Nurdin, dan Praktisi Pariwisata Dian Octarin.

Wisnu juga menjelaskan peran serta mahasiswa sangat diharapkan dalam memahami kondisi terkini pariwisata nasional, sehingga mereka dapat memahami peta konsep kepariwisataan nasional untuk bekal kewirausahaan dalam bidang pariwisata.

“Perguruan tinggi atau para akademisi sangat berperan dalam pengembangan sektor kepariwisataan salah satunya adalah peningkatan kapasitas SDM kepariwisataan melalui berbagai program pengabdian maupun riset,” kata Wisnu.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019