Medan (ANTARA) - Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) menggelar Khatam Fest 2019 di Kota Medan Sumatera Utara, Rabu.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Masjid Jami' Jalan KL Yos Sudarso, Tj. Mulia, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto, Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin, Ketua ISYEF Atras Mafazi, Ketua ISYEF Sumut Riski Amelia, dan Ustadz Taqy Malik.

Adapun rangkaian kegiatan Khatam Fest 2019 ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran bersama Ustadz Taqy Malik, yang diikuti oleh ribuan masyarakat kota Medan yang hadir pada acara tersebut
Ribuan masyarakat kota Medan hadiri Khatam Fest 2019 di halaman Masjid Jami' Jalan KL Yos Sudarso, Tj. Mulia, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Rabu (15/5) (Antara Sumut/ Nur Aprilliana Br Sitorus)

Kemudian acara dilanjutkan dengan Talkshow yang bertemakan 'Kebangkitan Ekonomi Masjid', serta peresmian Masjid Corner.

Menteri PANRB Syafruddin, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengatakan kegiatan
ini diselenggarakan dalam rangka kemasylahatan umat dan untuk kemajuan umat Islam.

"Sekaligus untuk kebangkitan umat Islam yang rahmatan lilalamin," ujarnya, Rabu (15/5).

Syafruddin juga menghimbau kepada kaum muda-mudi yang beragama Islam maupun non-Islam khususnya di Sumatera Utara untuk melakukan kegiatan simbiosis mutualisme demi bangsa dan Negara Indonesia.

"Agar bangsa Indonesia bisa dipercaya dan disegani oleh bangsa-bangsa lain yang dimotori oleh umat Islam dan pemuda Islam," lanjutnya

Syafruddin menambahkan, kegiatan ini akan terus dilakukan bukan hanya di bulan Ramadhan saja. Ia meminta kepada masyarakat Sumatera Utara untuk mengembangkan kegiatan Khatam Fest tersebut.

"Tadi kita juga sudah meresmikan masjid corner, artinya tempat Enterpreneur ini bisa memakmurkan masjid ini. Dan saya minta ini terus dikembangkan, supaya anak-anak kita datang berduyun-duyun ke masjid dalam rangka memakmurkan masjid," lanjutnya
Peresmian Masjid Corner oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto, Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin, Ketua ISYEF Atras Mafazi, Ketua ISYEF Sumut Riski Amelia, dan Ustadz Taqy Malik. (Antara Sumut/ Nur Aprilliana Br Sitorus)

Hal senada juga disampaikan Ustadz Taqy Malik. Ia berharap dengan adanya kegiatan Khatam Fest 2019 ini, dapat menumbuhkan benih-benih jiwa enterpreneur bagi kaum muda-mudi di Sumatera Utara.

"Artinya membangun ekonomi umat Islam, agar kita bisa bersaing dan bukan hanya dalam ekonomi saja, tetapi Insya Allah dalam ilmu juga," ujarnya

Untuk diketahui, kegiatan Khatam Fest 2019 ini juga berlangsung di beberapa kota di Indonesia, yakni di Aceh (14 Mei), Medan (15 Mei), Bandung (16 Mei), Surabaya (17 Mei), Makassar (18 Mei), Banjarmasin (20 Mei), dan Ambon (22 Mei).

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019