Yayasan Raudhatun Nasyi gunakan bantuan BUMN untuk asrama

Yayasan Raudhatun Nasyi gunakan bantuan BUMN untuk asrama

Yayasan Raudhatun Nasyi Banjarbaru, Kalimantan Selatan menerima bantuan BUMN sebesar Rp100 juta untuk membangun asrama, ruang makan dan dapur. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Banjarmasin (ANTARA) - Yayasan Raudhatun Nasyi Banjarbaru, Kalimantan Selatan akan menggunakan bantuan BUMN sebesar Rp100 juta untuk membangun asrama, ruang makan dan dapur.

"Bantuan renovasi panti ini sangat meringankan beban penguru," kata Sekretaris Yayasan Raudhatun Nasyi Muhammad Nasir usai buka bersama dalam rangkaian Safari Ramadhan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) bersama seribu anak yatim di Banjarmasin Kamis.

Ia mengungkapkan, kondisi Pesantren Panti Asuhan Raudhatun Nasyi in di JI MR Cokrokusumo Bumi Barkat, Sei Besar Banjarbaru tersebut, kini sedang dalam proses renovasi sehingga perlu banyak tambahan biaya.

"Kegiatan ini sangat membantu bagi operasional panti dan untuk membantu anak-anak," katanya.
 
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)
Perwakilan Kementerian BUMN Hari Muhammad Rohim mengatakan, kegiatan BHUN yang bertujuan untuk mendekatkan keberadaan BUMN dengan masyarakat sekaligus untuk berperan dalam pembangunan dan memupuk kebersamaan hingga pelosok negeri, sudah dilaksanakan sejak 2015.

Terdapat enam program BHUN yang dilakukan, antara lain yaitu, mudik gratis, Safari Ramadhan, jalan sehat, pertukaran pelajar melalui Program Pelajar Mengenal Nusantara dan kegiatan lainnya.

Khusus Safari Ramadhan yang dilaksanakan di Banjarmasin, tambah dia, pihaknya juga memprogramkan merenovasi lima panti asuhan, dengan dana masing-masing Rp100 juta.

Kepala Cabang Jasa Raharja Kalsel, Muhammad Zulham Pane mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan juga dirangkai dengan penyerahan bantuan berupa santunan sebesar Rp250.000 per anak dan bingkisan senilai Rp100.000 per anak kepada seribu anak yatim.

Acara buka puasa juga diisi dengan penyerahan bantuan Alquran sebanyak 1.000 buku yang sudah dicetak oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) dengan harga sebesar Rp60 ribu per Alquran.

Selain itu, BUMN juga bakal merenovasi lima panti asuhan pesantren dengan total biaya masing-masing @Rp100 juta.

Ke lima panti asuhan tersebut, yaitu Rumah Tahfiz Al Azhar Alsyarif, Jl Manarap Tengah No.1 Kab Banjar, Panti Asuhan Sentosa, JI Belitung Darat 123/141, Banjarmasin. Kemudian Pondok Pesantren Al Hikmah Jl Kelayan A, Murung Raya, Banjarmasin, Pondok Pesantren Manbaul Ulum, Jl Mahligai RT 17 Rw 02 Kab Banjar, Pesantren Panti Asuhan Raudhatun Nasyi in, JI MR Cokrokusumo Bumi Barkat, Sei Besar Banjarbaru.

Pada program BHUN tahun ini, Jasa Raharja ditunjuk sebagai koordinator kegiatan untuk wilayah Kalimantan Selatan dengan didukung oleh dua BUMN lainnya yaitu PT Dana Reksa dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.

Baca juga: BUMN gelar Safari Ramadhan bersama seribu anak yatim
Baca juga: BHUN tanam pohon langka di Kebun Raya Balikpapan
Baca juga: BUMN Hadir Untuk Negeri serap tenaga kerja di Kabupaten Lebak

 
Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019